Otomotif
·
19 Juli 2021 11:30
·
waktu baca 1 menit

Ignis dan Sirion Tak Berdaya, Honda Brio Makin Berjaya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ignis dan Sirion Tak Berdaya, Honda Brio Makin Berjaya (41206)
searchPerbesar
Honda Brio RS di IIMS Hybrid 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan mobil terbaru, salah satunya segmen city car yang dihuni Honda Brio dkk. Selama Juni 2021, rupanya Honda Brio makin tak terkalahkan oleh rivalnya, Suzuki Ignis dan Daihatsu Sirion.
ADVERTISEMENT
Honda Brio yang dimaksud merupakan tipe RS, yang memang didaulat mengisi segmen mobil perkotaan di Indonesia. Tercatat wholesales Brio naik 23 persen dari 1.560 unit pada Mei menjadi 1.920 unit pada Juni 2021.
Mengekor di belakangnya ada Suzuki Ignis yang terdistribusi sebanyak 192 unit. Terkoreksi sekitar 37 persen bila dibandingkan Mei yang sempat mencatat wholesales hingga 308 unit.
Kemudian menyusul Daihatsu Sirion, yang harus puas hanya terkirim 30 unit pada bulan lalu. Padahal selama Mei sempat tersuplai sebanyak 70 unit.
Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menjelaskan, penurunan suplai karena Malaysia melakukan lockdown pada 15-28 Juni lalu, sehingga pasokan Sirion ke Indonesia harus berkurang. Jadi Daihatsu hanya menyuplai sisa stok pada beberapa bulan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
"Dengan kondisi lockdown yang diterapkan di Malaysia, tidak ada pengiriman Sirion dari sana sejak pemberlakuan lockdown," terangnya dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.
Ignis dan Sirion Tak Berdaya, Honda Brio Makin Berjaya (41207)
searchPerbesar
Wholesales city car Juni 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Honda Brio jawara semester pertama 2021

Adapun secara year to date dari Januari hingga Juni 2021, Honda Brio yang disuplai ke diler sebanyak 8.814 unit. Makin membaik bila dibandingkan tahun lalu, sebab sempat ada penghentian produksi sementara akibat corona.
Atas torehan tersebut sekaligus menjadikan Honda Brio makin berjaya di pucuk klasemen city car, dengan market share lebih dari 82 persen. Sedangkan posisi kedua, perolehan dalam kurun waktu yang sama dihuni Suzuki Ignis sebanyak 1.287 unit, dan mengamankan market share 12 persen.
Ignis dan Sirion Tak Berdaya, Honda Brio Makin Berjaya (41208)
searchPerbesar
Wholesales city car Januari-Juni 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dilanjutkan Sirion yang mengunci posisi tiga besar dengan wholesales 574 unit serta market share 5 persen. Selebihnya minim city car lagi yang tampak penjualannya.
ADVERTISEMENT
Ada Hyundai Grand i10 sebenarnya. Namun tak begitu berpengaruh angka penjualannya. Sebab hanya disuplai oleh pabrikan pada Februari, itu pun cuma satu unit.