kumparan
14 Feb 2018 13:01 WIB

Ingat, Fungsi Headrest Bukan untuk Sandaran

Headrest pada mobil (Foto: dok.Automotorpad)
Headrest atau sandaran kepala merupakan salah satu komponen yang selalu ada pada jok pengemudi. Komponen ini sangat sederhana tapi punya fungsi yang sangat besar untuk mencegah terjadinya benturan kepala bagian belakang.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, masih banyak pengendara yang menganggap bahwa headrest hanya berfungsi sebagai penunjang kenyamanan semata.
“Masih banyak orang yang belum paham mengenai fungsi headrest. Sebenarnya headrest ini merupakan akronim dari head restraint yang berarti penahan kepala. Jadi bukan digunakan untuk rest atau sandaran, melainkan untuk sebagai penahan bagian kepala,” tutur Pendiri sekaligus Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada kumparanOTO, Rabu (14/2).
Lebih lanjut, adanya headrest pada setiap jok bertujuan untuk menghindari terjadinya whiplash atau cedera leher yang dapat terjadi ketika terjadi tabrakan, yang memungkinkan adanya pergerakan kepala dari depan lalu ke belakang secara tiba-tiba.
posisi headrest (Foto: dok. Alfons Hartanto)
Penyetelan
Meski sudah terpasang pada setiap jok, bukan berarti pengendara atau penumpang tak perlu melakukan pengaturan terhadap headrest disesuaikan dengan postur badan.
ADVERTISEMENT
Headrest itu juga ada ketentuan penyetelannya agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Biasanya, di berbagai mobil headrest ini sifatnya adjustable atau dapat diatur. Jadi meskipun adjustable tetap harus dipasang sesuai dengan aturan keselamatan,” terang Jusri.
“Jangan menyetel headrest sampai bagian atasnya berada di bawah telinga, apabila terasa terlalu tinggi, paling tidak tingginya harus sejajar dengan telinga,” sambungnya.
Lebih lanjut, Jusri juga menganjurkan kepada pemilik kendaraan agar tidak menggunakan bantal-bantal aksesori pada bagian headrest. Kata Jusri, hal tersebut dapat menghambat kerja headrest alih-alih sesuatu yang tidak diharapkan terjadi pada Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan