Otomotif
·
11 Agustus 2019 12:58

Ini Calon Pesaing Tesla Model X dari China

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Calon Pesaing Tesla Model X dari China (201725)
Konsep Mobil Listrik HiPhi 1 besutan Humans Horizons Foto: Istimewa
Salah satu perusahaan startup asal China, Humans Horizons, memperkenalkan konsep mobil listrik otonomosnya yang bernama HiPhi 1. Mobil bergaya SUV tersebut hadir dengan gaya yang unik, futuristik, dan menggambarkan sebuah kendaraan masa depan.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Caranddriver.com, mobil berkapasitas kursi 6 penumpang ini, hadir dengan desain yang tidak biasa yaitu dengan pintu belakang model gullwing. Desain pintu tersebut tentu mengingatkan kita pada Tesla Model X.
Nantinya, pintu tersebut akan dioperasikan secara elektrik dan tanpa menggunakan handle. Untuk membukanya, akan menggunakan sistem pengenalan wajah berbasis kamera atau smartphone.
Pintu gullwing tersebut juga akan dilengkapi dengan 18 sensor yang dapat mendeteksi kondisi sekitar saat pintu hendak dibuka. Selain itu, pintu tersebut juga tidak akan mau terbuka penuh apabila kondisi cuaca di luar sedang hujan.
Ini Calon Pesaing Tesla Model X dari China (201726)
Konsep Mobil Listrik HiPhi 1 besutan Humans Horizons Foto: Istimewa
HiPhi 1 nantinya juga akan dibekali dengan 562 sensor, yang berfungsi sebagai kamera penglihatan, penginderaan suasana hati di kokpit, serta radar-radar lainnya. Bahkan, nantinya mobil ini akan hadir dengan menawarkan teknologi otonomos level 3 dan level 4.
ADVERTISEMENT
Mobil ini juga akan didukung oleh sistem komunikasi C2X yang bertugas memberikan komunikasi antara mobil dan infrastruktur. Selain itu, ada juga sistem penglihatan belakang berbasis kamera yang disematkan pada mobil ini.
Untuk baterai listriknya, mobil ini akan dibekali baterai lithium-ion yang diletakkan di bawah lantai mobil. Sementara untuk motor listriknya, kemungkinan akan menggunakan motor listrik merek Bosch yang menghasilkan tenaga 268 dk.
Ini Calon Pesaing Tesla Model X dari China (201727)
Konsep Mobil Listrik HiPhi 1 besutan Humans Horizons Foto: Istimewa
HiPhi 1 dikabarkan akan hadir dengan sistem penggerak roda belakang sebagai varian standarnya. Sedangkan untuk untuk sistem penggerak 4 roda, akan hadir sebagai opsional. Berbeda dengan yang penggerak roda belakang, pada penggerak 4 roda ini, HiPhi 1 akan dibekali 2 motor listrik yang diletakkan di bagian belakang dan juga depan.
ADVERTISEMENT
Dengan konfigurasi tersebut, mobil ini diklaim akan mampu melesat dari 0 hingga 100 km per jam, hanya dalam waktu 3,8 detik. Untuk daya jelajah baterainya sendiri kabarnya akan sanggup melaju hingga maksimal 643 kilometer.
Ini Calon Pesaing Tesla Model X dari China (201728)
Konsep Mobil Listrik HiPhi 1 besutan Humans Horizons Foto: Istimewa
Pembuatan mobil ini sendiri rencananya akan dipimpin oleh Mark Stanton yang sebelumnya adalah Chief Technical Officer di Jaguar Land Rover. Stanton nantinya akan memimpin 400 insinyur yang akan mengerjakan SUV listrik otonomos berjenis HiPhi 1.
Mobil itu sendiri, rencananya akan dibangun di pabrik sewaan mereka yang sebelumnya milik Dongfeng Yueda KIA di Yangheng. Selain itu, Human Horizons juga menargetkan agar mobil listrik ini dapat diluncurkan secara resmi pada 2021 mendatang.
Keseriusan Human Horizons dalam menggarap pasar mobil listrik, memang bisa menjadi ancaman serius bagi merek-merek lainnya. Pasalnya, bukan tidak mungkin, ke depannya merek-merek China seperti Human Horizons ini bisa menguasai pasar global.
ADVERTISEMENT