Otomotif
·
10 Juni 2021 12:48
·
waktu baca 2 menit

Ini Spesifikasi Motor Listrik GESITS yang Meluncur di Senegal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Spesifikasi Motor Listrik GESITS yang Meluncur di Senegal (467399)
Motor listrik anak bangsa GESITS resmi mengaspal di Senegal, Afrika Barat, Selasa (8/6). Foto: KBRI Dakar
Motor listrik karya anak bangsa, GESITS, secara resmi meluncur di Senegal, Selasa (8/6). GESITS diimpor dan dijual oleh perusahaan bernama Laila Ndiaye Prima (LNP).
ADVERTISEMENT
Usai peluncuran yang dilakukan di Promenade de Thies, Senegal itu, distributor telah menjaring 200 konsumen prospek. Termasuk di dalamnya Ndiaye Transport, perusahaan layanan transportasi berbasis online di sana serupa Gojek.
Ini nantinya GESITS bakal jadi armada transportasi yang sering wara-wiri di jalan. Makanya lewat pemasaran soft selling tersebut diharapkan bisa menjadi cara promosi agar GESITS makin dikenal dan menumbuhkan permintaan.
Terlebih PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) sebagai produsen disebut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa penuh (LBBP) RI Dakar, Dindin Wahyudin akan membangun pabrik perakitan di sana, supaya harganya lebih terjangkau.
Lalu bagaimana dengan spesifikasi motor listrik GESITS di Senegal, apakah serupa di Indonesia?
Ini Spesifikasi Motor Listrik GESITS yang Meluncur di Senegal (467400)
Dubes LBBP RI Dakar Dindin Wahyudin mengendarai motor listrik anak bangsa GESITS yang resmi mengaspal di Senegal, Afrika Barat, Selasa (8/6) Foto: KBRI Dakar
Dindin menuturkan secara bentuk, spesifikasi, dan daya sama dengan unit yang dijual di Indonesia. Hanya saja bukan tidak mungkin ada penyesuaian spesifikasi nantinya.
ADVERTISEMENT
"Tentu kami lihat respons positif konsumen dan penerimaan atas produk ini di masa yang akan datang, sebanyak 6 unit GESITS yang telah diimpor sama seperti di Indonesia," katanya kepada kumparan, Rabu (9/6).
Artinya dari jantung mekanis tetap mengandalkan motor listrik bertenaga 6,7 dk dan torsi 30 Nm, yang mendapat daya listrik dari baterai berkapasitas 1.396 Watt. Dalam keadaan penuh bisa menjelajah hingga 50 km.
Pengisian baterainya dapat dilakukan dengan 2 cara: normal charging yang mengambil daya listrik sebesar 350 wH dan fast charging 450 wH. Makanya untuk mode normal kecepatan pengisiannya sekitar 4-5 jam, sedangkan pengisian cepat 3-4 jam.
Ini Spesifikasi Motor Listrik GESITS yang Meluncur di Senegal (467401)
Motor listrik GESITS Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Klaim pabrikan motor listrik GESITS bisa diajak menerabas hujan dan genangan air. Asal tidak melebihi ketinggian sekitar 70 cm, karena mempertimbangkan posisi soket baterai.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi dan fitur motor listrik GESITS

Kemudian soal fiturnya terbilang unik, menarik, dan beda dari motor listrik lain. Pertama 3 macam mode berkendara yang ditawarkan, mencakup Eco, Urban, dan Sport. Masing-masing menawarkan kecepatan puncak dan jarak tempuh berbeda. Tipe Sport bisa lari hingga 60 hingga 70 km/jam.
Lalu juga memiliki mode mundur untuk memudahkan saat parkir, bisa terhubung dengan aplikasi GESITS, dan panel instrumen yang bisa beradaptasi warnanya mengikuti intensitas cahaya.
Lampu seinnya juga bisa menimbulkan bunyi, sehingga bisa menginformasikan keberadaan kita di persimpangan jalan, karena motor listrik senyap tanpa suara. Sayangnya motor ini minus bagasi yang lebar.
Ini Spesifikasi Motor Listrik GESITS yang Meluncur di Senegal (467402)
Motor listrik GESITS Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Motor listrik GESITS yang punya panjang dimensi 1.910 mm, lebar 695 mm, dan tinggi 1.110 mm. Soal kaki-kakinya pakai suspensi lengan ayun dan monoshockbreaker pada bagian belakang dan depan teleskopik.
ADVERTISEMENT
Mengenai pengereman baik depan dan belakang sudah pakai cakram. Lalu rodanya memakai profil 14 inci yang diselimuti ban 80/80 untuk depan sedangkan belakang 100/80. Dan terakhir, semua lampu sudah pakai LED sehingga lebih irit pemakaian listriknya.