kumparan
Otomotif27 Februari 2020 7:25

Jadi Motor Termurah Honda, Apa Istimewanya Revo Fit?

Konten Redaksi kumparan
Astra Auto Fest 2020
Ragam motor Honda di Astra Auto Fest 2020 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pembeli motor bebek terus menurun tiap tahunnya sejak ragam motor matik meluncur. Khusus motor bebek pabrikan Honda, kontribusinya turun satu persen sepanjang 2019.
ADVERTISEMENT
"Kontribusi motor bebek tahun lalu 5-6 persen, kami lihat pasarnya masih ada, pemakainya memang semakin terbatas? Iya, konsumennya masih ada di rural area," jelas Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Honda Revo X Quantum Black
Honda Revo X Quantum Black Foto: AHM
Padahal motor bebek sekarang ini jadi jenis roda dua paling terjangkau. Paling murah bisa didapatkan di angka Rp 14 jutaan seperti Honda Revo Fit 110. Harga resminya Rp 14,621 juta.
Sementara kembarannya dengan velg racing atau Honda Revo X, punya selisih Rp 1,8 juta lebih tinggi atau Rp 16,4 juta. Secara keseluruhan dua-duanya tidak ada perbedaan signifikan, ya yang paling terlihat ada pada model velgnya itu tadi.
Bagi Anda berkocek terbatas, Honda Revo Fit 110 ini tak ada salahnya cocok untuk dipinang. Mengingat rivalnya, Suzuki New Smash atau Yamaha Vega Force sudah dibanderol di atas Rp 15 jutaan.
Otomotif, yamaha, sepeda motor,
Yamaha Vega Force. Foto: Istimewa
Lalu apa istimewanya motor bebek ini?
ADVERTISEMENT
Secara fitur memang boleh dibilang motor begitu sederhana dan minim sentuhan modern. Semua lampu masih berupa halogen biasa. Panel instrumen juga masih dihiasi tampilan analog.
Oh iya karena motor hanya menawarkan utilitas sebagai alat berpindah tempat, akomodasinya juga terbilang minimalis. Honda Revo Fit hanya dibekali bagasi dengan kapasitas sebesar 7 liter yang bisa menampung jaket, jas hujan, atau sarung tangan sekaligus.
Honda Revo Fit Raving Red
Honda Revo Fit Raving Red Foto: AHM
Menariknya kemampuan jelajahnya diklaim AHM bisa mencapai 62 km/liter. Artinya bila diisi penuh hingga 4 liter, bisa menempuh jarak 240-an km atau setara dengan Jakarta ke Cirebon tanpa isi bensin. Tapi ingat sekali ini klaim pabrikan, bukan pengujian sebenarnya.
Kemudian bicara jantung mekanis, Honda menyematkan mesin 109 cc SOHC 1-silinder berpendingin udara, yang mampu memproduksi tenaga hingga 8,7 dk di 7.500 rpm dan torsi maksimum 8,76 Nm di 6.000 rpm.
Honda Revo Fit Neo Green
Honda Revo Fit Neo Green Foto: AHM
Daya maksimumnya tersebut dikawinkan pada transmisi semi manual rotary 4-percepatan.
ADVERTISEMENT
Oke lanjut kaki-kaki, motor telah dipasangkan suspensi teleskopik dan dual shockbreaker bagian belakangnya. Pabrikan juga menyematkan ban berukuran 70/90 R17 serta 80/90 R17, lalu rem cakram dan tromol.
Honda Revo Fit Galaxy Blue
Honda Revo Fit Galaxy Blue Foto: AHM
Bila berminat, Honda Revo Fit 110 hanya tersedia warna hitam, namun dengan tiga pilihan striping: Raving Red, Neo Green, dan Galaxy Blue.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan