Otomotif15 September 2020 10:14

Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Ganti Oli Sendiri di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Ganti Oli Sendiri di Rumah (761066)
Ilustrasi menuangkan oli baru pada sepeda motor matik. Foto: Bangkit Jaya Puta/kumparan
DKI Jakarta akan menerapkan PSBB Ketat sebagai respons meningkatnya jumlah warga yang terpapar virus corona. Dengan berlakunya PSBB kembali, artinya sejumlah kegiatan akan dibatasi dan sepeda motor yang jadi kendaraan mobilitas akan lebih banyak terparkir di garasi.
ADVERTISEMENT
Nah, sebelum PSBB dimulai dan sepeda motor tak digunakan, ada baiknya Anda mengganti pelumas agar kondisi mesin tetap dalam keadaan yang prima.
Dijelaskan Nurudin, Jr. Technical Specialist Rotating Equipment and Gas Engine, PT Pertamina Lubricants penggantian oli bisa Anda lakukan mandiri di rumah.
Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Ganti Oli Sendiri di Rumah (761067)
Layout mesin all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Penggantian oli yang ideal, menurut Nurudin ketika sepeda motor berada di temperatur operasionalnya. Artinya, usahakan sebelum mengganti oli, mesin motor dihidupkan terlebih dulu agar kondisi mesin panas.
"Mengganti oli bukan dalam keadaan dingin, usahakan ketika mesin hangat. Ini bertujuan agar oli menjadi encer dan lebih cepat terkuras," kata Nurudin kepada kumparan.
Oke sebagai panduan, Anda bisa menerapkan langkah-langkah mengganti oli mesin sepeda motor seperti di bawah ini.
ADVERTISEMENT
  • Pertama posisikan sepeda motor dalam keadaan standar dua atau tengah. Kemudian siapkan oli mesin sesuai spesifikasi motor Anda, di sini saya menggunakan Oli Sintetik Pertamina Enduro khusus Matic 10W-30.
  • Lalu siapkan tang, wadah penampungan oli bekas, dan kunci nomor 12 atau 14 (disesuaikan) untuk membuka baut oli di bawah crankcase.
  • Letakkan wadah penampungan tepat di bawah pembuangan oli.
  • Buka tutup pengisian oli (dipstick) dengan tang dan baut pembuangan oli di bawah crankcase tadi dengan kunci 12 atau 14.
  • Diamkan sampai oli bekas tak menetes lagi.
  • Jika sudah memastikan tak ada lagi oli yang menetes tutup kembali lubang oli dengan baut dan pastikan posisinya tepat.
  • Isi bak mesin dengan oli baru sesuai takaran dan anjuran pabrikan kemudian tutup rapat pengisian oli atau dipstick-nya.
ADVERTISEMENT
*secara praktiknya cara ini bisa diterapkan pada merek motor lain

Jangan sampai salah, perhatikan volume olinya

Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Ganti Oli Sendiri di Rumah (761068)
Oli motor Pertamina Lubricants. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Nah, untuk motor Anda yang direkomendasikan menggunakan oli 0,8 liter pastikan pengisiannya tepat, jangan kurang dan jangan lebih. Ini penting agar tak terjadi kerusakan pada jantung mekanis.
"Permukaan oli akan jadi lebih tinggi itu akan membuat gerakan mesin terhambat. Ujung-ujungnya mesin akan panas dan bisa rusak," jelas Nurudin.
Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Ganti Oli Sendiri di Rumah (761069)
AHM meluncurkan Honda BeAT terbaru, Kamis (16/1). Foto: Bangkit Jaya Putra
"Jika tidak ada (buku manual), bisa melihat dari dipstick. Pastikan keadaan mesin diam dan dingin. Tapi sebelum itu agar tidak rancu, dipstick dilap dulu pakai spon atau kanebo," katanya.
Di pasaran umumnya oli yang dijual dikemas dalam volume yang bervariasi. Seperti 0,8 dan dan 1 liter. Nurudin menjelaskan secara spesifikasi keduanya tidak ada perbedaan namun dengan catatan oli tersebut memiliki kode yang sama.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba, ya!
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white