Otomotif12 September 2020 9:54

Jakarta PSBB Lagi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil

Konten Redaksi kumparan
Jakarta PSBB Lagi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil  (66054)
Ilustrasi Mobil Parkir di Garasi Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali memberlakukan PSBB Ketat mulai Senin (14/9) mendatang.
ADVERTISEMENT
Sama seperti PSBB pada awal pandemi COVID-19 lalu, pada PSBB Ketat kali ini, Anies juga merekomendasikan perkantoran dan sekolah di ibu kota menerapkan bekerja dan belajar dari rumah.
Kondisi tersebut mau tidak mau memaksa sebagian besar masyarakat untuk memarkirkan kembali mobil kesayangannya di garasi rumah untuk jangka waktu lama.
Nah, buat Anda yang akan menjalani bekerja atau belajar dari rumah saat PSBB Ketat nanti, sebaiknya ketahui dahulu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan pada mobil kesayangan sebelum didiamkan dalam waktu yang lama.
Dealer technical Service PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan setidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan sebelum mendiamkan mobil dalam waktu yang lama. Tujuannya, agar mobil tetap dalam kondisi prima dan tidak rusak.
ADVERTISEMENT

1. Cuci bersih bagian luar dan dalam mobil

Jakarta PSBB Lagi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil  (66055)
Ilustrasi Cuci Mobil Foto: dok. Istimewa
Sebelum memarkirkan di garasi, alangkah baiknya Anda mencuci dahulu mobil tersebut. Bersihkanlah seluruh bagian mobil, mulai dari eksterior, interior hingga ruang mesin.
Dengan eksterior yang bersih, maka akan meminimalisir potensi tumbuhnya jamur atau cat yang menjadi kusam. Pun pada bagian mesin, bisa mencegah bersarangnya hewan pengerat seperti tikus.

2. Isi Bensin

Jakarta PSBB Lagi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil  (66056)
Ilustrasi warga Iran isi bensin. Foto: REUTERS
Setelah mobil dalam kondisi bersih, selanjutnya pastikan kondisi tangki bahan bakar mobil tersebut tidak dalam kondisi yang kosong. Dengan kondisi bensin yang terisi, akan jauh lebih aman apabila mobil tersebut hendak digunakan dalam kondisi darurat.
Saat kondisi pandemi seperti ini, sebaiknya jangan dikosongkan. Karena apabila kita ada kondisi darurat misal harus ke rumah sakit, enggak perlu lagi mikirin isi bensin dahulu," beber Didi.
Selain itu, kondisi tangki bahan bakar yang terisi bensin juga akan dibutuhkan untuk memanaskan mobil sesekali.
ADVERTISEMENT

3. Periksa tekanan angin ban

Jakarta PSBB Lagi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil  (66057)
Ilustrasi mengisi tekanan angin pada ban. Foto: dok. Istimewa
Berikutnya, para pemilik mobil juga disarankan untuk memeriksa kondisi tekanan angin bannya sebelum diparkirkan dalam waktu lama.
"Tekanan angin bannya disesuaikan dengan anjuran pabrikan atau standarnya. Pastikan juga kondisi ban tidak ada yang bocor," terang Didi.

4. Tidak perlu cabut aki

Jakarta PSBB Lagi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil  (66058)
Ilustrasi Aki Mobil Foto: BruceEmmerling/Pixabay
Hal terakhir ini mungkin sering menjadi perdebatan. Beberapa orang merasa mencabut kabel aki diperlukan untuk mencegah aki tersebut tekor.
Namun, menurut Didi, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Sebab, dengan kondisi pemilik mobil yang masih berada di rumah, maka dirinya masih bisa memanaskan mobil tersebut secara rutin.
"Tidak perlu sih, ya, cukup rutin dipanaskan saja. Malah lebih bagus lagi, sesekali juga dibawa jalan sekitar rumah saja, supaya aki enggak tekor dan beberapa komponen di ruang mesin juga terlumasi oli," ucap Didi.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)