Otomotif
·
14 Oktober 2020 6:54

Jangan Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Bahaya!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Bahaya!   (16368)
Menggoyangkan mobil saat isi bensin. Foto: dok. Istimewa
Berbagai mitos perlakuan pemilik mobil terhadap kendaraannya banyak macamnya. Salah satu yang sering ditemui, menggoyangkan mobil saat sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM), yang dipercaya bisa membuat bensin yang terisi lebih penuh.
ADVERTISEMENT
Mereka beranggapan dengan menggoyangkan mobil, akan membuat bahan bakar yang masuk ke dalam tangki menjadi rata. Ini juga karena udara yang masih tertinggal di dalam tangki juga cepat keluar dengan menggoyangkannya.
Menanggapi hal tersebut, Technical Leader Auto2000 Tebet Supomo, Ahmad Mu'min bilang perilaku tadi merupakan tindakan yang tidak diperlukan.
"Enggak ada gunanya itu. Karena hal itu tidak menambah poin manfaat apa pun," ujar Mu'min kepada kumparan, beberapa waktu lalu.
Jangan Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Bahaya!   (16369)
Ilustrasi warga Iran isi bensin. Foto: REUTERS
Lanjut Mu'min, posisi tangki yang lebih rendah dari corong pengisian, serta sifat bensin sebagai zat cair, maka akan bergerak mengalir ke tempat yang lebih rendah dan mengisi ruang yang kosong. Artinya tanpa digoyangkan pun bisa penuh dengan sendirinya.

Berpotensi membahayakan mobil

Justru sebaliknya, kata Mu'min, dengan menggoyang-goyangkan mobil, potensi timbul bahaya makin besar.
ADVERTISEMENT
Bensin itu kan juga punya sifat penguapan. Jika dengan digoyang-goyangkan seperti itu, malah membuat dia menjadi berkurang karena menguap dan bisa berpotensi mudah terbakar," papar Mu'min.
Jangan Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Bahaya!   (16370)
Ilustrasi isi bensin. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Terakhir, Mu'min menyarankan agar hindari mengisi BBM hingga terlewat penuh atau sampai meluap keluar dari corong pengisian. Bila sudah terlanjur luber dari mulut corong pengisian, sebaiknya segera lap hingga benar-benar kering supaya tidak merusak lapisan cat mobil.
Tak kalah penting, lakukanlah pengisian bahan bakar seperti pada umumnya tanpa perlu repot menggoyang-goyangkan mobil.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)