kumparan
6 Nov 2018 19:45 WIB

Jangan Poles Boks Motor Pakai Semir Sepatu

Ragam boks motor yang dijual GIVI Indonesia (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Sepeda motor yang tidak memiliki bagasi yang cukup luas memaksa pemiliknya untuk memasang boks. Boks motor ini sendiri nantinya berguna menyimpan berbagai barang yang dibawa sehari-hari seperti jas hujan, sarung tangan, jaket, atau helm untuk pembonceng.
ADVERTISEMENT
Bentuk dan kapasitas penyimpanan boks motor pun beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun karena material konstruksinya umumnya terbuat dari paduan plastik ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren) dan PP (Polipropilena), atau material sejenis door trim, tentunya butuh perawatan khusus agar warnanya tidak cepat pudar.
Boks motor GIVI terbaru B 34 N dan B 34NT muat helm fullface (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Business Development PT GIVI Indonesia, Yagi Andika, menjelaskan perawatan khusus yang dimaksud tidak begitu sulit dilakukan.
"Perawatannya simpel, yang penting rajin dibersihkan aja pakai mikrofiber setiap hari soalnya ini kan bahan plastik, jadi harus cepat-cepat dibersihkan, ya kayak bodi motor lah," buka Yagi saat ditemui kumparanOTO di flagship store GIVI Indonesia di Serpong, Tangerang beberapa waktu lalu.
Yagi juga menjelaskan, banyak komunitas pengguna boks GIVI yang merapikan tampilan boks lebih mengkilap dengan menyekanya memakai wax semir sepatu.
Boks motor GIVI terbaru B 34 N dan B 34 NT (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
"Sebenarnya kalau dari komunitas banyak tips ya, mereka biasanya pakai bahan wax semir sepatu buat bersihinnya, cuma kami tidak menyarankan itu," Yagi menambahkan.
ADVERTISEMENT
Oleh karenanya, Yagi merekomendasikan untuk mengelap boks motor menggunakan cairan pembersih dashboard mobil yang ada di pasaran.
"Kalau mau lebih bersih bisa ditambahkan pembersih dashboard mobil, karena kan bahan dashboard sama seperti boks. Cuma jangan langsung semuanya dipakein itu, tes dari bagian bawahnya dulu, dilihat meninggalkan bekas atau tidak, kalau tidak, bisa dilanjut ke semua bodi boks," sambung Yagi.
proses pemasangan boks motor (Foto: dok. Baychii Motoshop)
Tak kalah penting dari bodi boks motor, komponen pengunci juga perlu mendapatkan perawatan. Komponen penguncian yang kotor akibat kotoran atau debu yang terselip bisa membuat mekanisme penguncian terganggu alias seret.
"Pada mekanisme penguncian bisa sesekali disemprot pelumas atau cairan anti karat, karena kan memang bagian ini sering paling kotor kan," tutup Yagi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan