Otomotif
·
2 Desember 2020 12:17

Jarang yang Tahu, Ini Cara Deteksi Mesin Mobil Rusak dari Warna Asap Knalpot

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jarang yang Tahu, Ini Cara Deteksi Mesin Mobil Rusak dari Warna Asap Knalpot (28648)
Ilustrasi asap putih keluar dari knalpot. Foto: carfromjapan.com
Salah satu cara membedakan sehat atau tidaknya kondisi mesin mobil, ternyata bisa dilihat dari asap knalpot yang keluar. Pada mobil bensin yang punya kondisi sehat, idealnya tidak akan mengeluarkan asap pekat dari lubang knalpotnya.
ADVERTISEMENT
Namun sebaliknya, bagi yang knalpotnya mengeluarkan asap begitu pekat dan sering, maka besar kemungkinan ada yang tak beres pada mobil tersebut.
Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, penyebab timbulnya asap pekat dari lubang knalpot itu banyak macamnya. Cara termudah untuk mengetahui penyebabnya, yakni dengan melihat warna asap tersebut.
"Misal yang keluarnya itu warna hitam, itu biasanya karena terlalu banyak bahan bakar yang terbuang. Jadi penyebabnya bisa dari sistem bahan bakarnya, seperti injektor atau yang lainnya," kata Didi, Jumat (27/11).
Sementara bila asap knalpot yang keluar berwarna putih pekat, maka bisa jadi permasalahannya ada pada sektor blok mesinnya. Kondisi ini jelas jauh lebih berbahaya.
Nah kalau yang keluarnya warna putih, bisa jadi itu karena ada oli mesin yang ikut terbakar di dalam silinder. Bisa jari ring pistonnya yang sudah aus, atau bisa juga dari seal klep-nya yang sudah aus," beber Didi.
Jarang yang Tahu, Ini Cara Deteksi Mesin Mobil Rusak dari Warna Asap Knalpot (28649)
Ilustrasi Knalpot Mobil Foto: dok Muhammad Ikbal/kumparan
Khusus kondisi asap berwarna putih ini, Didi pun menganjurkan agar pemilik mobil sesegera mungkin membawa mobilnya ke bengkel. Sebab, bila terlalu lama dibiarkan, maka dampaknya akan jauh lebih parah.
ADVERTISEMENT
"Pertama di bengkel pasti harus cek kompresinya dulu. Pastikan apakah tekanan pistonnya masih bagus atau di bawah standar. Kalau masih bagus berarti bisa jadi dari seal klep-nya yang sudah aus, kalau ini bisa top OH (Overhaul) saja, jadinya hanya blok mesin atasnya saja yang diturunin," beber Didi.
Jarang yang Tahu, Ini Cara Deteksi Mesin Mobil Rusak dari Warna Asap Knalpot (28650)
Ilustrasi knalpot mobil aftermarket Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Akan tetapi, bila kondisi tekanan piston itu sudah di bawah standar, maka mau tidak mau mesin pun harus dibongkar secara keseluruhan atau overhaul.
Guna mencegah terjadinya kondisi itu, pemilik mobil pun disarankan rutin mengganti oli kendaraannya secara tepat waktu dan dengan spesifikasi yang sesuai. Pastikan juga sistem pendinginan mobil selalu bekerja maksimal.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT