Otomotif
·
27 Oktober 2020 16:58

Jasa Marga Siapkan Gerbang Tol Gedebage Antisipasi Kepadatan Tol Cileunyi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jasa Marga Siapkan Gerbang Tol Gedebage Antisipasi Kepadatan Tol Cileunyi (47230)
searchPerbesar
Sejumlah kendaraan antre untuk keluar dari gerbang tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/6). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kepadatan lalu lintas saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, pada 28 September hingga 1 November 2020 mendatang, tidak hanya akan terjadi di jalur utara saja, tapi juga selatan.
ADVERTISEMENT
Salah satu jalur utama di selatan yang diprediksi akan menjadi titik membeludaknya kendaraan, yaitu pada gerbang tol Cileunyi.
Gerbang tol yang berada di ujung jalan tol Padaleunyi ini, memang jadi jalan utama bagi para pengendara mobil yang menuju selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Mengantisipasi hal tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan Gerbang Tol keluar tambahan di kawasan Gedebage, Soreang, Bandung.
Kami menyiapkan Gerbang Tol sementara di Km 149 Gedebage ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi," kata Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra, dalam rilis resminya.
Jasa Marga Siapkan Gerbang Tol Gedebage Antisipasi Kepadatan Tol Cileunyi (47231)
searchPerbesar
Papan peringatan yang diabaikan Foto: Prima Gerhard/kumparan
Lanjut Bima menjelaskan, nantinya gerbang tol yang berada dekat stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu, akan dioperasikan secara fungsional.
Artinya, apabila Jasa Marga melihat ada indikasi kepadatan lalu lintas di keluar gerbang tol Cileunyi, maka sebagian mobil yang akan mengarah ke Cileunyi akan dikeluarkan di Gerbang Tol Gedebage tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain menyiapkan gerbang tol keluar tambahan, Jasa Marga juga akan menyiagakan petugas mobile reader di gerbang tol Cileunyi. Ini juga hanya akan diberlakukan apabila volume kendaraan sangat sangat tinggi.
"Terkait pelayanan transaksi, Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di Gerbang Tol Utama dengan menyiapkan petugas Mobile Reader dengan tetap menjaga protokol kesehatan," sambung Bima.
Jasa Marga Siapkan Gerbang Tol Gedebage Antisipasi Kepadatan Tol Cileunyi (47232)
searchPerbesar
Tol Cileunyi Foto: Prima Gerhard/kumparan
Bagi Anda yang berencana akan bepergian pada libur panjang mendatang, jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan ketat, seperti mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak saat berada di tempat umum, seperti rest area.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)