kumparan
22 Agustus 2017 10:37

Jualan Daihatsu Xenia di GIIAS 2017 Turun

Pengunjung GIIAS 2017
Hari pertama pembukaan GIIAS 2017. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini sepertinya bukan milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Terlihat dari pencapaian mereka selama 11 hari pameran mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Ya, bila selama 11 hari penyelenggaraan GIIAS 2016 bisa menjaring 1.148 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), tahun ini Daihatsu hanya meraup 778 unit.
Berdasarkan data yang diterima kumparan (kumparan.com), Selasa (22/8), kontribusi terbesar Daihatsu diperoleh dari model low cost green car (LCGC) tujuh penumpang sebesar 217 unit. Padahal tahun lalu, mobil tersebut terjual 594 unit.
SPK Daihatsu GIIAS
SPK Daihatsu GIIAS (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Nasib yang sama dialami sang jagoan low MPV (Multi Purpose Vehicle) mereka, Daihatsu Xenia yang hanya terjual 190 unit, atau turun dari perolehan GIIAS tahun sebelumnya dengan 206 unit. Tren ini kemungkinan terjadi karena hadirnya Mitsubishi Xpander yang bermain di kelas yang sama.
Meski empat produk mengalami penuruan, penjualan Daihatsu Sirion dan Luxio selama GIIAS 2017 justru meningkat dibandingkan tahun lalu. Daihatsu Sirion tahun lalu laku 34 unit dan kini menjadi 41 unit, sedangkan Luxio tumbuh dari 15 unit menjadi 39 unit.
Daihatsu Move Canbus Sporza
Daihatsu Move Canbus Sporza (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
“Kami bersyukur respons pengunjung terhadap produk Daihatsu positif. Daihatsu berhasil menjadikan ajang GIIAS 2017 bukan hanya ajang jualan mobil tapi juga sebagai ajang edukasi mengenalkan inovasi Daihatsu dalam mengembangkan mobil kompak, “ kata Marketing & CR Division Head, PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.
ADVERTISEMENT
Bahkan menurut Hendrayadi, capaian Daihatsu selama penyelenggaraan GIIAS 2017 sudah melebih dari target yang mereka tetapkan. “Kami berharap pameran ini semakin mendekatkan Daihatsu dengan para Sahabat,” tutur dia.
Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia (Foto: Daihatsu)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan