kumparan
search-gray
Otomotif27 Maret 2020 14:31

Jualan Mobil Hybrid Toyota Naik Lebih 2 Kali Lipat di Awal 2020

Konten Redaksi kumparan
Toyota Corolla Altis Hybrid
Toyota Corolla Altis Hybrid Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Toyota mendapat respons positif atas upayanya membangun ekosistem mobil ramah lingkungan. Pabrikan tiga oval itu mencatat kenaikan penjualan mobil hybrid dari tahun-tahun sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Pada dua bulan pertama 2020 misalnya. Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, secara total ada lonjakan penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding periode sama tahun lalu.
"Tumbuh 244,8 persen secara wholesales atau retail sales tumbuh 478,3 persen dari Januari dan Februari 2019," katanya saat dihubungi kumparan, Kamis (26/3).
Peningkatan tersebut sebagai buah atas peluncuran tiga mobil hybrid baru Toyota selama 2019. Mencakup Camry pada Januari 2019, C-HR pada April, dan Corolla Altis yang resmi mengaspal pada September.
Toyota C-HR Hybrid
Toyota C-HR Hybrid Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Masih dijelaskan Anton, secara kumulatif di Januari dan Februari 2020, ada 100 unit mobil hybrid Toyota yang didistribusi. Sementara pada kurun waktu yang sama di 2019, hanya 29 unit yang terjual.
ADVERTISEMENT
Dari peningkatan angka pada awal 2020 itu, C-HR hybrid berkontribusi paling besar sebanyak 61 unit disusul Camry 39 unit.
Toyota New Camry Hybrid 2019
Toyota New Camry Hybrid 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Anton mengamini karena banderol C-HR Hybrid yang lebih rendah dibanding mobil hybrid lainnya, mendorong konsumen untuk membelinya, apalagi selisih Rp 30 jutaan dari versi mesin bensin biasa.
Kemudian secara kumulatif dari pertama kali Toyota menjual mobil hybrid pada 2007 silam, ternyata sudah ada 2.173 unit yang mengaspal di Indonesia.
Bila digabungkan dengan Lexus, angkanya melonjak lagi menjadi 2.625 unit.
Mobil Hybrid Toyota Indonesia
Deretan mobil hybrid Toyota Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Namun dari periode tersebut (2007-Februari 2020), Toyota Camry Hybrid memegang peranan penting dengan kontribusi 61 persen atau sudah terjual 1.604 unit.
Prediksi meningkat lagi berkat Prius PHEV
Buah manis Toyota tampaknya bakal terus dilanjutkan ke depannya. Guna melengkapi jajaran mobil elektrifikasinya itu, pabrikan baru saja merilis Prius PHEV.
ADVERTISEMENT
Namun sementara waktu mobil anyar tersebut tidak menyasar konsumen retail. Pabrikan baru menjualnya secara borongan atau fleet.
Toyota Prius PHEV
Toyota Prius PHEV Foto: dok. Toyota Astra Motor
Sebagai tahap awal, Toyota berkolaborasi dengan GoFleet --penyedia kendaraan mitra driver online besutan Gojek dan Astra.
"Fokus kami memperkenalkan PHEV bukan pada penjualan, tetapi kami lebih menekankan pada upaya mempopulerkan xEV, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk percepatan elektrifikasi, dan komitmen kami untuk lingkungan yang lebih baik," imbuh Anton.
Saat ini jajaran mobil hybrid Toyota terdiri dari C-HR, Camry, Corolla Altis, Prius PHEV, Prius, dan Alphard. Untuk dua terakhir penjualannya dilakukan secara spot order.