Otomotif
·
9 Juni 2021 12:48
·
waktu baca 2 menit

Kapan Waktu Terbaik Menjual Mobil Bekas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapan Waktu Terbaik Menjual Mobil Bekas? (41007)
Ilustrasi menjual mobil bekas. Foto: Shutterstock
Ada banyak alasan yang menjadi latar belakang seseorang hingga akhirnya memutuskan untuk menjual mobil. Mulai dari kebutuhan ekonomi yang mendesak, keinginan untuk 'upgrade' kendaraan supaya dapat semakin menunjang aktivitas, atau bahkan karena memang jarang dipakai sehingga hanya terparkir saja di garasi rumah.
Meski begitu, menjual mobil bekas bisa dibilang susah-susah gampang. Tanpa perhitungan dan riset yang matang, bukan hanya sulit mempromosikan mobil yang dijual, kita juga bisa rugi karena harga yang disetujui terlampau rendah.
Ada beberapa indikator yang bisa dijadikan patokan saat akan menjual mobil bekas. Yang pertama adalah mencari waktu pas untuk melepas kendaraan kesayangan ke pemilik barunya. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan harga jual terbaik yang tidak anjlok terlalu jauh dari harga awal saat Anda membelinya.
Di momen-momen tertentu seperti musim liburan sekolah atau menjelang perayaan hari besar keagamaan, banyak orang mencari alat transportasi keluarga yang praktis dan bisa dibawa ke mana-mana untuk bepergian atau silaturahmi ke kampung halaman.
Momen tersebut membuat pasar mobil bekas otomatis ikut ramai. Selain proses beli yang lebih cepat, banyak calon pembeli yang mengincar mobil bekas karena lebih leluasa saat melakukan nego harga. Nah, saat permintaan meningkat, otomatis harga juga akan ikut bersaing, kan? Tentunya ini waktu yang pas!
Indikator kedua adalah mengetahui usia mobil yang ideal untuk dijual, karena kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap performa mobil. Setelah setahun digunakan, mobil akan mengalami penurunan nilai jual hingga 20 persen. Karenanya, waktu ideal untuk menjual mobil sebaiknya di antara usia 2 hingga 5 tahun.
Bukan hanya itu, penyusutan harga bisa dipengaruhi oleh garansi pemakaian yang hangus, biasanya setelah kendaraan menempuh jarak 25.000 dan 100.000 mil. Setelah menempuh jarak sejauh itu, sebagian besar kendaraan akan memerlukan servis besar seperti memastikan performa rem, mengganti ban baru, hingga penggantian oli.
Kapan Waktu Terbaik Menjual Mobil Bekas? (41008)
Ilustrasi servis mobil. Foto: Shutterstock
Semakin banyaknya kebutuhan servis, return keuntungan yang diperoleh juga akan semakin menurun. Jadi sebelum kendaraan Anda memerlukan servis yang membutuhkan biaya sangat besar, perhatikan kondisi mobil dan jangan tunda waktu untuk melepas mobil ke pemilik barunya.
Nah, bila sudah mengetahui indikator untuk menentukan waktu tepat menjual mobil, saatnya untuk mencari platform yang tepat. Di tengah kemajuan teknologi, kini menjual mobil memang bisa kita lakukan tanpa keluar rumah, bahkan hanya bermodalkan smartphone. Misalnya, melalui OLX Autos.
OLX Autos bisa jadi platform tepat yang akan membuat proses penjualan mobil bekas Anda jadi lebih gampang, nyaman, dan pastinya aman. Memiliki 100 lokasi inspection center di 9 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan dan Malang; tim ahli dari OLX Autos siap membantu pemeriksaan kondisi mobil Anda dengan lengkap dan transparan.
Di masa pandemi ini, Anda juga bisa lebih leluasa menjual mobil dengan mendatangi langsung lokasi OLX Autos, atau menghubungi tim Home Inspection yang siap datang ke rumah Anda. Jangan khawatir, seluruh anggota tim yang datang akan senantiasa mengikuti protokol kesehatan yang ketat.
Sudah memutuskan untuk menjual mobil di OLX Autos? Anda bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini.
1. Masukkan data mobil dan lihat perkiraan harga jual mobil website di www.olxautos.co.id.
2. Booking jadwal inspeksi sesuai dengan lokasi inspection center terdekat di kota Anda.
3. Bawa mobil Anda ke lokasi inspection center OLX Autos sesuai jadwal yang dipilih, dan tim ahli akan memeriksa kondisi mobil secara langsung.
4. Bila berhalangan atau khawatir datang ke lokasi, ada fasilitas Home Inspection dengan tim profesional yang akan melakukan pengecekan di kediaman Anda.
5. Tunggu harga penawaran dari OLX Autos setelah inspeksi menyeluruh dilakukan.
6. Jika Anda setuju dengan harga penawaran, uang akan langsung ditransfer ke rekening!
Mudah, kan? Yuk, booking jadwal pemeriksaan mobil Anda sekarang di situs resmi www.olxautos.co.id atau melalui telepon (021) 150264. Jual mobil di OLX Autos, Gampangnya Pasti!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan OLX Autos