Otomotif
·
3 Februari 2021 14:00

Korlantas Polri Siapkan 166 Kamera Tilang Elektronik Baru, Ini Lokasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Korlantas Polri Siapkan 166 Kamera Tilang Elektronik Baru, Ini Lokasinya (28059)
Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Kepolisian Republik Indonesia melalui Korlantas Polri memastikan akan menambah jumlah kamera tilang elektronik di beberapa kota di Indonesia, mulai 2021.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan implementasi dari komitmen Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam mengubah pola penindakan pelanggaran secara IT melalui tilang elektronik.
“Setelah pelantikan, Bapak Kapolri menyampaikan commander wish pada jajaran. Salah satunya di bidang lalu lintas dan penegakan hukum di bidang IT, dan kami menindaklanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang kita sebut ETLE,” ujar Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, seperti dikutip dari laman resmi NTMC Polri.
Pada tahap awal, Korlantas Polri direncanakan akan melakukan penambahan 166 kamera tilang elektronik di 3 Polda dan 4 Polresta di Indonesia. Ini akan menambah jumlah kamera tilang elektronik yang sebelumnya telah ada di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Timur, dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
“Jadi di tahap 1 itu ada penambahan 3 Polda dan 4 Polresta yang totalnya 166 kamera ETLE. Rencana bulan Maret pertengahan akan di-launching,” jelas Irjen Istiono.
Korlantas Polri Siapkan 166 Kamera Tilang Elektronik Baru, Ini Lokasinya (28060)
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Merdeka Barat, Kamis (16/1). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Adapun 3 Polda tersebut, yaitu Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Riau. Sementara untuk Polresta, terdiri dari Polresta Jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam, dan Polresta Padang.
Setelah penambahan pada tahap pertama ini, Korlantas Polri memastikan akan terus melakukan penambahan kamera tilang elektronik di beberapa daerah lainnya secara bertahap. Mengingat biaya yang dibutuhkannya cukup besar, Korlantas Polri pun akan menggandeng beberapa Pemerintah Daerah untuk turut serta.
“Semua kan bertahap. Dari Pemda juga dukung kita, jadi nanti tinggal disinkronkan saja,” tambah Irjen Istiono.
Korlantas Polri Siapkan 166 Kamera Tilang Elektronik Baru, Ini Lokasinya (28061)
Suasana uji coba sistem tilang elektronik di Regional Traffic Management Centre (RTMC). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

DKI Jakarta canangkan penambahan 50 kamera tilang elektronik

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, juga pernah mengatakan bahwa untuk wilayah DKI Jakarta akan ada penambahan 50 kamera tilang elektronik baru.
ADVERTISEMENT
Rencananya, 50 kamera tilang elektronik baru itu akan ditempatkan pada beberapa ruas jalan tol dan jalur busway.
“Tahun 2021 kami akan ajukan sekitar 50 kamera ETLE, penambahan titik nanti akan diajukan ke Pemda DKI Jakarta,” ucap Sambodo beberapa waktu lalu.
Korlantas Polri Siapkan 166 Kamera Tilang Elektronik Baru, Ini Lokasinya (28062)
Kendaraan melintas di jalur bus transjakarta, kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/3/2019). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Penambahan 50 kamera tilang elektronik baru di Ibukota itu, akan melengkapi 57 kamera tilang elektronik yang sebelumnya telah terpasang.
***