kumparan
5 September 2018 10:13

Laris Manis, Inden Honda PCX Bisa 4 Bulan

All new Honda PCX (Foto: Alfons Yoshio)
Honda PCX mulai menunjukkan tajinya di pasar sepeda motor lokal. Sejak diproduksi secara lokal, generasi terbaru motor matik premium ini memang mulai dapat bersaing secara seimbang dengan Yamaha NMax.
ADVERTISEMENT
Jika merujuk data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang semester I tahun 2018, angka distribusinya sudah mencapai 72.411 unit. Sangat besar mengingat produksi motor matik 150 cc ini baru dimulai pada Februari.
Seiring berjalannya waktu, kepopuleran Honda PCX tidaklah meluntur malah menunjukkan kenaikan. Hal ini jika kita merujuk ke fakta di lapangan yang menunjukkan waktu tunggu alias inden motor gambot ini semakin panjang.
"Inden PCX untuk saat ini estimasinya 3-4 bulan," terang Kordinator Sales Counter Astra Motor Center Jakarta, Mery, saat ditemui kumparanOTO, Selasa (4/9).
Dia juga menjelaskan waktu tunggu ini sendiri jauh lebih panjang dibanding awal tahun, saat Honda PCX baru diproduksi. Kala itu inden motor matik 150 cc ini 'hanya' berkisar antara satu dan dua bulan.
All new Honda PCX (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Meski inden yang cukup panjang, menurut Mery, angka permintaan akan unit Honda PCX tetap tinggi. Di jaringan diler Astra Motor saja permintaannya mencapai seribu unit dalam satu bulan.
ADVERTISEMENT
Astra Motor sendiri adalah salah satu main diler motor Honda dengan jaringan paling luas di Indonesia. Total ada 12 wilayah area Astra Motor yang tersebar mulai dari Palembang, Bengkulu, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Mataram, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Jayapura. Tidak heran kalau mereka berkontribusi pada 34 persen penjualan Honda secara Nasional.
Jika angka permintaannya terus meroket bukan tidak mungkin Honda PCX semakin mendekat atau bahkan mengusik takhta Yamaha NMax sebagai penguasa segmen motor matik premium.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan