kumparan
18 Mei 2018 4:45

Lawan Honda HR-V, Hyundai Kona N Siap Jadi yang `Terbuas` di Kelasnya

Hyundai Kona
Hyundai Kona (Foto: dok. Autoevolution)
Janji bos divisi mobil berperforma tinggi Hyundai bukanlah isapan jempol belaka. Sebelumnya pada awal tahun ini, Albert Biermann yang dulu juga sempat menjabat sebagai salah satu petinggi di BMW ini menjanjikan akan menghadirkan Hyundai Kona N.
ADVERTISEMENT
Autoexpress bahkan melansir, Biermann sudah memerintahkan para engineer-nya untuk melakukan pembuatan pada SUV bentuk crossover terbarunya itu agar segera dapat diproduksi seperti pendahulunya Veloster N dan i30 N.
"Saya sudah memberitahu mereka (engineer Hyundai divisi N) untuk segera membuatnya, dan nantikan selanjutnya apabila sudah disetujui prinsipal. Kami ingin memberikan spesifikasi yang berbeda pada Kona N seperti suspensi dan karakter setirnya, ditambah beberapa komponen yang sama pada model lain seperti mesin i30 N 2.000 cc berturbo yang kami kira cocok karena menggunakan penggerak depan," ujar Biermann.
Adapun, mengenai mesin bensin yang memiliki kode Theta II itu memiliki kubikasi 1.998 cc 4 silinder DOHC Twin Turbo yang menjanjikan tenaga 270 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm, sementara torsinya 353 Nm yang bisa dicapai antara 1.450 hingga 4.700 rpm.
ADVERTISEMENT
Penasaran dengan wujudnya? Sayang belum ada bocoran gambar, hanya saja Autoexpress sudah menampilkan Hyundai Kona N hasil olah grafis yang setidaknya dapat membantu menerawang pecinta model-model Hyundai untuk Kona N.
Hyundai Kona N
Hyundai Kona N (Foto: dok. Autoexpress)
Sebelum varian berperformanya hadir, Hyundai Kona mengisi pasar segmen SUV crossover berbadan kompak yang sebelumnya diramaikan Honda HR-V 1,8 L, Mazda CX-3, ataupun Mitsubishi ASX yang dikenal di Indonesia sebagai Mitsubishi Outlander Sport.
Berdasarkan data spesifikasi Hyundai Australia, Kona disediakan dalam dua pilihan mesin bensin. Pertama ada pilihan mesin 2.000 cc tanpa turbo yang menjanjikan tenaga 147 daya kuda (dk) pada 6.200 rpm serta torsi 132 Nm pada 4.500 rpm, kedua ada mesin 1.600 cc dengan turbo yang memuntahkan tenaga hingga 175 dk pada 5.500 rpm dan torsi 195 Nm yang dicapai pada 1.500 hingga 4.500 rpm.
Hyundai Kona
Hyundai Kona (Foto: dok. Caradvice)
Mesin Kona tanpa turbo dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan shiftronic sebagai standard, sementara versi mesin turbonya mengandalkan transmisi kopling ganda 7-percepatan yang dinamai Ecoshift.
ADVERTISEMENT
Walaupun masih belum setahun diluncurkan, Hyundai tidak main-main soal pengembangannya, tim riset dan pengembangannya bahkan sudah menyiapkan Kona versi listrik yang menggendong motor listrik berdaya 201 daya kuda dan daya jelajah hingga 470 km untuk sekali pengisian daya baterai.
Hyundai Kona sudah, tinggal menunggu janji Biermann lainnya untuk mengembangkan Santa Fe N dan Tucson N. Bagaimana pendapatmu soal Hyundai Kona N? Sampaikan di kolom komentar ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan