Otomotif12 September 2020 13:40

Manfaatkan Aliansi, Nissan March Baru Pakai Platform Renault

Konten Redaksi kumparan
Manfaatkan Aliansi, Nissan March Baru Pakai Platform Renault  (308924)
Nissan March. Foto: dok. Motor1
Nissan Motor Company dikabarkan akan segera menghadirkan generasi terbaru dari Nissan March atau yang dikenal juga dengan Nissan Micra dalam beberapa waktu ke depan.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Reuters, jenama asal Jepang itu bahkan sudah mengkonfirmasi bahwa Nissan March generasi keenam akan dikembangkan menggunakan platform baru yang berasal dari rekan aliansi mereka, yaitu Renault.
Nissan Micra (March) generasi selanjutnya, kami akan mengikuti Renault, dan kami telah meminta Renault untuk mengembangkan dan menjadikan Micra sebagai salah satu model masa depan kami," ucap COO Nissan Ashwani Gupta dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Prancis, Le Monde.
Manfaatkan Aliansi, Nissan March Baru Pakai Platform Renault  (308925)
Nissan March. Foto: dok. Motor1
Penggunaan platform milik Renault tersebut, kata Ashwani, merupakan salah satu strategi aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi dalam mengembangkan suatu produk baru. Dengan strategi tersebut, setiap pabrikan akan mengandalkan pabrikan lainnya yang memang telah berhasil dan sukses pada jenis mobil atau teknologi tertentu.
Dengan begitu, pengembangan dan produksi sebuah kendaraan pun akan menjadi jauh lebih hemat dengan hasil yang maksimal.
Manfaatkan Aliansi, Nissan March Baru Pakai Platform Renault  (308926)
Nissan March. Foto: dok. Motor1
Khusus Nissan March generasi terbaru nanti, kemungkinan besar akan dibangun di atas platform milik Renault, yaitu Common Modular Family (CMF) type B.
Meski dibangun di atas platform milik Renault, Nissan menjamin bahwa March terbaru itu akan tetap hadir dengan berbagai identitas khas Nissan selama ini.
ADVERTISEMENT
Adapun platform CMF-B sendiri, saat ini sudah diaplikasikan pada beberapa produk Renault dan Nissan, seperti Renault Clio, Renault Captur, dan Nissan Juke.
Manfaatkan Aliansi, Nissan March Baru Pakai Platform Renault  (308927)
Tampilan luar Nissan Juke 2020 Foto: dok. Carscoops

Prediksi Mesin Nissan March

Sementara terkait informasi mesin yang akan digunakan pada March generasi keenam ini memang belum bisa dipastikan. Namun besar kemungkinan, March akan kembali hadir dengan mesin HR10DET berkapasitas 1.0 liter turbocharged dan mesin HR15DE berkapasitas 1.5 liter.
Untuk pasar Indonesia sendiri, Nissan March terakhir kali dipasarkan pada awal tahun 2020 ini. Meski tidak menyebutnya secara pasti, Nissan juga tak menampik apabila mereka kini mengalihkan fokusnya pada mobil berjenis MPV, SUV, dan kendaraan elektrifikasi.
"Kami akan fokus ke depan pada model dan segmen yang jadi kekuatan Nissan seperti MPV dan SUV, juga memperkuat brand termasuk melalui kendaraan elektrifikasi," jelas Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, kala itu.
Manfaatkan Aliansi, Nissan March Baru Pakai Platform Renault  (308928)
Nissan March. Foto: dok. Motor1
Lantas, apabila Nissan March generasi terbaru ini nanti akan resmi menjalani debut globalnya, akankah Nissan Motor Indonesia juga tertarik untuk kembali memboyongnya ke tanah air? Menarik untuk dinantikan.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)