Otomotif
·
15 November 2020 11:23

Mau Mengecas Mobil Listrik Hyundai Ioniq di Rumah? Perhatikan 3 Hal Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mau Mengecas Mobil Listrik Hyundai Ioniq di Rumah? Perhatikan 3 Hal Ini (413415)
Hyundai Ioniq Foto: dok. Hyundai
Perangkat power charger bawaan Hyundai, memungkinkan pengecasan mobil listrik seperti Hyundai Ioniq maupun Kona EV bisa di rumah, dengan daya listrik rendah.
ADVERTISEMENT
Ini lantaran salah satu mode pengecasannya, bisa mengambil daya sebesar 1.750 watt dengan arus 8 ampere. Artinya rumah dengan daya 2.200 VA bisa mengecas mobil listrik yang dibanderol Rp 600 jutaan itu.
Mau Mengecas Mobil Listrik Hyundai Ioniq di Rumah? Perhatikan 3 Hal Ini (413416)
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik. Foto: REUTERS/Antonio Bronic
Nah buat Anda yang sudah atau hendak membelinya, ada baiknya perhatikan 3 hal berikut saat mengisi daya baterai mobil listrik dari power outlet rumah. Sebab jika salah, bisa menyebabkan malfungsi.

1. Pakai power outlet yang ada di tembok

Service General Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Putra Samiaji menerangkan, untuk mengecas mobil listrik sebaiknya menggunakan colokan yang ada di tembok.
"Kemudian untuk pengisian slow charging dapat dilakukan pada kondisi kapasitas baterai apa pun. Tipsnya sebaiknya segera lakukan isi daya sebelum di bawah 20 persen," terang Putra kepada kumparan, Jumat (13/11).
Mau Mengecas Mobil Listrik Hyundai Ioniq di Rumah? Perhatikan 3 Hal Ini (413417)
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik. Foto: REUTERS/Antonio Bronic

2. Jangan sembarang pakai kabel roll untuk mengecas mobil listrik

Namun apabila keterjangkauan kabel power charger ke lokasi power outlet di rumah terbatas, Putra mengatakan bisa menggunakan tambahan kabel roll.
ADVERTISEMENT
Tapi dilarang menggunakan sembarang kabel roll, atau terminal listrik lain. Ingat, arus listrik yang mengalir cukup besar.
"Kalau pun harus menggunakan extension, harus perhatikan jenis kabel yang dipakai harus mampu dialiri arus 12A (atau 10A dan 8A tergantung mode pengecasan yang dipilih)," sambungnya.

3. Matikan peralatan elektronik berdaya listrik besar

Terakhir selalu ingat, rekomendasinya matikan dulu perangkat elektronik berdaya besar sebelum mengecas mobil listrik. Ini supaya aliran listrik ke baterai lebih maksimal, sehingga waktu pengisiannya bisa sedikit lebih cepat.
Terlebih manakala daya listrik rumah tidak terlalu besar, sekitar 2.200 hingga 3.500 VA.
Mau Mengecas Mobil Listrik Hyundai Ioniq di Rumah? Perhatikan 3 Hal Ini (413418)
Hyundai Kona listrik. Foto: dok. Hyundai
Putra menjelaskan, power charger buatan Hyundai bisa mengecas dengan arus 12 ampere dengan arus maksimum 2.600 watt, 10 ampere dengan arus 2.200 watt, dan terakhir 8 ampere dengan arus maksimal 1.750 watt.
ADVERTISEMENT
"Alat portable charger akan menyesuaikan berapa daya listrik tersisa di rumah, yang bisa digunakan untuk pengisian baterai," lengkapnya.