Mazda Masih Tahan Jual Mobil Listrik di Indonesia

2 Maret 2024 12:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mobil listrik Mazda MX-30. Foto: Mazda
zoom-in-whitePerbesar
Mobil listrik Mazda MX-30. Foto: Mazda
ADVERTISEMENT
Setidaknya itu penggalan ucapan kata dari Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Ricky Thio ketika merespons soal kepastian Mazda secepatnya menjual mobil listrik mereka di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Ricky juga menanggapi perihal serbuan merek China dan lainnya yang mulai masuk ke pasar otomotif Indonesia. Dirinya tak ambil pusing dengan fenomena tersebut, sebab Mazda disebutnya punya caranya sendiri.
"Saya tidak bilang mengganggu atau apa, tapi kita bukan menutup mata. Kita juga pantau, yang saya bilang kita punya jati diri sendiri, kita punya filosofi berbeda. Tentunya kita tidak mau disamakan dan tidak sama juga," tambahnya saat ditemui di Jakarta belum lama ini.
Mobil listrik Mazda MX-30. Foto: Mazda
Menurut Ricky, Mazda punya filosofi yang ditanamkan dalam perusahaan, ini berkaitan dengan setiap lini produk yang dijual. Termasuk strategi dalam memasarkan mobil-mobil mereka di dalam negeri.
"Jadi bukan karena Jepang atau Amerika, atau China. Tapi karena filosofinya, yang punya Kodo Design dan Jinbai Ittai itu hanya Mazda," tukasnya.
ADVERTISEMENT
"It's not about fun to drive, tapi Jinbai Ittai yang tadi saya sampaikan. Saya bisa klaim hanya Mazda yang punya itu, saya yakin negara manapun tidak punya. Kita fokus dengan itu," jelas Ricky.

Mazda bakal hadirkan mobil listrik pertama di Indonesia tahun ini

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio menjelaskan rencana produk baru Mazda di Indonesia pada tahun 2024. Foto: Sena Pratama/kumparan
Meski demikian, menyoal rencana Mazda memboyong mobil listrik ke Indonesia sejatinya tidak benar-benar abu-abu. Ricky pernah memberi sinyal akan membawa satu modelnya tahun ini.
"Ini yang baru ada PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), selanjutnya ada full EV (BEV). Next kita juga akan ada pembaruan dari mild-hybrid," ujarnya tahun lalu.
Namun, lanjut Ricky, untuk semester pertama tahun ini pihaknya akan lebih dulu menghadirkan model roadster. Serta dua model lainnya seperti compact SUV dan medium SUV.
ADVERTISEMENT
Mazda Indonesia memang sudah mulai buka-bukaan rencana peluncuran mobil baru mereka untuk tahun 2024. Tidak hanya satu, melainkan enam produk sekaligus.
Menyoal model BEV, kemungkinan besar adalah MX-30 yang sudah pernah tampil perdana di GIIAS 2023 Agustus lalu. Namun kepastian dan waktu peluncurannya nanti tetap masih menjadi misteri.
***