kumparan
25 Desember 2017 11:47

Membandingkan Duo Primadona Hatchback: Jazz RS vs Yaris TRD Sportivo

Toyota Yaris
Toyota Yaris (Foto: TAM)
Persaingan PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) di pasar mobil nasional memang selalu menarik. Salah satu segmen dengan persaingan ketat kedua pabrikan mobil asal Jepang ini tentu saja di kelas hatchback.
ADVERTISEMENT
Bicara mobil hatchback di Indonesia tentu tidak bisa lepas dari nama Honda Jazz dan Toyota Yaris. New Honda Jazz RS yang baru saja diluncurkan Juli 2017 kemarin menjadi generasi ketiga dari mobil yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi idola remaja di Indonesia ini.
Saingan terdekat Honda Jazz, Toyota Yaris bukannya tidak melakukan perlawanan. Melalui Toyota Yaris TRD Sportivo, TAM menjadikan mobil lima penumpangnya ini sebagai lawan sepadan untuk Honda Jazz RS - apalagi Toyota Yaris Heykers justru dimanfaatkan untuk masuk pasar crossover.
Menjelang tutup tahun 2017 ini kumparanOTO coba membandingkan dua mobil "anak muda" ini untuk melihat mana yang lebih unggul dan berpotensi merajai mobil hatchback di Indonesia.
Dimensi
Sama-sama dipersiapkan untuk mobil bermuatan lima penumpang, tidak heran kalau Honda Jazz RS dan Toyota Yaris TRD Sportivo memiliki ukuran yang tidak berbeda jauh. Honda Jazz memang sedikit lebih tinggi dibanding Toyota Yaris TRD Sportivo (1.542 mm berbanding dengan 1.475 mm) meski begitu nyatanya jarak terendah ke tanah kedua mobil ini cenderung sama -- hanya berselisih 1 mm.
New Honda Jazz
New Honda Jazz (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Meski begitu, Toyota Yaris TRD Sportivo memiliki panjang dan lebar yang lebih dibanding Honda Jazz RS. Karena perbedaan yang sangat kecil, rasanya duduk di dalam mobil keluaran Honda ini tidak lebih sempit ketimbang Toyota Yaris TRD Sportivo.
ADVERTISEMENT
Kemiripan kedua mobil ini semakin terlihat tatkala membandingkan jarak sumbu roda keduanya. Di Honda Jazz RS jaraknya 2.530 mm sedangkan pada Toyota Yaris TRD Sportivo yang lebih panjang jarak sumbu rodanya 2.550mm.
Fitur
Grille dan bumper baru pada Honda Jazz RS dilengkapi juga dengan LED headlamp dengan Daytime Running Light (DRL) sedangkan pada Toyota Yaris TRD Sportivo, projector headlamp serta LED DRL pada bumper depan mobil.
Beralih ke ukuran velg, teradapat pebedaan pada keduanya. Hoda Jazz RS mengadopsi velg 16 inci sementara Toyota Yaris TRD Sportivo menggunakan velg lebih kecil 15 inci.
Toyota Yaris TRD Sportivo
Toyota Yaris TRD Sportivo (Foto: TAM)
Soal fitur keselamatan, keduanya menyajikan hal yang sama. Mulai dari penggunaan rem anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake distribution (EDB), dan dual SRS airbag. Hanya saja pada Toyota Yaris TRD Sportivo punya brake assist (BA).
ADVERTISEMENT
Keduanya juga juga telah menggunakan tombol start/stop dan untuk pendinginan telah digunakan A/C digital. Sedikit keunggulan Honda Jazz RS ada pada head unit yang berukuran lebih besar -- ukuran 8 inci. Meski begitu head unit Toyota Yaris TRD Sportivo sebenarnya lebih fungsional karena juga bisa memainkan CD dan DVD.
Mesin
Pada Yaris TRD Sportivo menggunakan mesin DOHC 1.496 cc yang menghasilkan 106 daya kuda (dk) dengan torsi maksismum 140 Nm. Sementara Honda Jazz RS menganut mesin SOHC 1.497 cc yang menghasilkan tenaga lebih besar yakni 118 dk dan torsi puncak 145 Nm.
Harga
Faktor harga biasanya jadi penentu ketika ada dua jenis mobil dengan spesifikasi yang mirip. Namun pada kasus ini sepertinya masalah harga tidak bisa menjadi penentu. Harga Honda Jazz RS CVT -- dengan harga termahal yaitu Rp 272,5 juta. Bandingkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT lebih mahal Rp 1,4 juta, yakni Rp 273,9 juta.
ADVERTISEMENT
So, kumparanOTO readers jadi tim Honda Jazz RS atau Toyota Yaris TRD Sportivo?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan