kumparan
Otomotif12 Januari 2020 7:51

Menakar Motor Baru Honda yang Meluncur Kamis Depan

Konten Redaksi kumparan
Gambar paten motor baru Honda
Gambar paten motor baru Honda Foto: dok. Bike Dekho
PT Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan motor barunya Kamis depan (16/1) 2019, berdasarkan undangan yang masuk ke redaksi kumparan.
ADVERTISEMENT
Namun, pabrikan sayap kepak tak menginformasikan secara detail, produk baru apa yang akan diperkenalkan di awal 2020 ini. Ini yang kemudian mengundang rasa penasaran.
Berdasarkan hasil kasak-kusuk yang dilakukan redaksi kumparan, berikut model yang kemungkinan bakal diperkenalkan.

Honda BeAT

Honda BeAt
Honda BeAt Foto: dok. AHM
Iya nama ini muncul, lantaran skutik terlaris ini terakhir mengalami pembaruan mesin pada 2014 lalu, yang disuntik teknologi eSP (Enhanced Smart Power).
Artinya sudah kurang lebih 6 tahunan lebih, tulang punggung penjualan Honda di Indonesia ini tanpa pembaruan signifikan. Kemungkinannya, produk ini akan disematkan platform frame baru eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame), dan jeroan mesin baru seperti saudara termudanya Genio.
"Iya AHM sudah uji coba produksi itu --BeAT dan Scoopy, tapi kemungkinan yang mana yang diluncurkan pekan depan, itu urusan marketingnya," ucap sumber kumparan, Kamis (9/1).
ADVERTISEMENT
Dirinya tak menampik, eSAF merupakan mega platform yang nantinya akan digunakan di produk-produk Honda.

Honda Scoopy

Otomotif, honda scoopy, sepeda motor
Honda Scoopy Stylish terbaru 2019. Foto: Istimewa
Honda G Concept yang dipajang AHM di dua momen pameran otomotif, nyatanya bertransformasi menjadi Genio skutik 110cc. Padahal publik sempat mengira skutik konsep itu akan menjadi Scoopy 150.
Ini tentu mengejutkan, mengingat di segmen itu Honda sudah dihuni tiga produk seperti Honda Beat, Scoopy dan Vario 110. Ini tampak tak sehat, mengingat dengan pasar yang belum begitu berkembang, ada potensi kanibalisme.
Ya walaupun memang, strategi pasar pabrikan kadang sulit untuk bisa ditebak. Namun, alasan tersebut bisa jadi dasar, nama Scoopy masuk sebagai kandidat produk yang akan mengalami pembaruan, dengan tambahan varian mesin lebih besar.
ADVERTISEMENT
Apalagi, nama Scoopy juga sempat disebut sumber kumparan, yang akan ikut mengadopsi platform baru.

Pesaing XSR 155

Gambar paten motor baru Honda
Gambar paten motor baru Honda Foto: dok. Bike Dekho
Opsi terakhir yaitu penantang Yamaha XSR155, yang patennya sempat bocor pada pertengahan Desember 2019 lalu. Desainnya secara keseluruhan punya gaya campuran khas Scrambler maupun Cafe Racer.
Model-model dengan gaya seperti ini, sebenarnya sudah ada di pasar Thailand dengan nama CB150 Exmotion, yang terasa kuat karakter Scrambler, juga retro modernya.
Namun kemungkinannya untuk meluncur besok, ditanggapi negatif sumber kumparan. Ketika ditanyakan dirinya hanya menjawab, "(Untuk model itu) Tidak keburu bos," ucapnya.
Nah mungkin saja pembaca kumparan sudah ada yang tahu bocoran soal Honda, silahkan di-share.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan