kumparan
Otomotif23 November 2019 17:51

Menanti Toyota C-HR GR Sport Mengaspal di Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Toyota C-HR GR Sport
Toyota C-HR GR Sport Foto: dok. TAM
Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) menampilkan C-HR GR Sport. Berbeda dari yang versi biasa, C-HR GR Sport ini tampil dengan mengusung gaya yang lebih sporty.
ADVERTISEMENT
Terlihat ada beberapa perbedaan di bagian eksteriornya, seperti di bumper depan dan belakang, side skirt, spoiler, livery, hingga penggunaan velg berdiameter lebar, yaitu 19 inci.
Kini 4 bulan berselang, C-HR GR Sport itu pun kembali ditampilkan oleh TAM dalam acara media test drive Toyota Supra di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat. Tidak hanya sekedar ditampilkan saja, mobil tersebut bahkan bisa dijajal oleh para rekan media di dalam lintasan.
Toyota C-HR GR Sport
Toyota C-HR GR Sport Foto: dok. TAM
Kehadiran C-HR GR Sport tersebut di GIIAS 2019 dan di media test drive Supra, rupanya bukan tanpa tujuan. Usut punya usut, TAM rupanya memang sedang melakukan pengembangan terhadap mobil tersebut.
“C-HR yang Gazoo Racing ini memang ada kemungkinan untuk kami develop. Cuma balik lagi itu kan segmennya sangat-sangat kecil, jadi pasti segmennya yang dibidik adalah yang hobies,” ujar Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor.
Toyota C-HR GR Sport
Toyota C-HR GR Sport Foto: dok. TAM
Soerjo menambahkan, TAM sendiri rupanya memang sudah melakukan tes pasar terhadap mobil tersebut. Sejak dipajang pada GIIAS 2019 lalu, TAM memang sedang melihat minat masyarakat terhadap C-HR GR Sport tersebut.
ADVERTISEMENT
“Makanya kenapa waktu itu kami show di GIIAS, salah satu bagiannya itu kan untuk mengecek, kira-kira demandnya itu seperti apa sih,” tambah Soerjo.
Menyoal progres pengembangannya sendiri, Soerjo mengatakan sudah berjalan sesuai rencana. Sayangnya, dirinya enggan mengatakan ubahan apa saja yang nantinya akan dihadirkan oleh pihaknya terhadap C-HR tersebut.
Menurutnya, hingga saat ini pihak R&D dari TAM masih terus melihat berbagai kemungkinan yang ada. Apakah ubahan tersebut hanya sekedar tampilan saja atau juga menyentuh sektor lainnya, seperti mesin dan suspensi.
“Kalau yang hari ini dihadirkan sekedar tampilan saja, tapi kalau soal suspensi dan yang lain memang lagi diriset. Dan kami juga terus melakukan study terkait segmen yang mau ditujunya seperti apa, baru nanti spesifikasinya kami sesuaikan pelan-pelan,” jelas Soerjo.
Toyota C-HR GR Sport
Toyota C-HR GR Sport Foto: dok. TAM
Sementara terkait kapan meluncurnya C-HR GR Sport tersebut, Soerjo kembali enggan menjawabnya. Alasannya, TAM masih memerlukan riset lebih lanjut sembari melihat waktu yang pas untuk meluncurkannya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan