Otomotif
·
23 Juni 2020 7:19

Menerka Toyota Kijang Innova Terbaru, Apakah Seperti Ini Wujudnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menerka Toyota Kijang Innova Terbaru, Apakah Seperti Ini Wujudnya? (592316)
Foto olah digital Toyota Innova. Foto: dok. Indianautosblog
Toyota digadang-gadang akan meluncurkan generasi terbaru dari Kijang Innova pada tahun ini. Meski telah banyak rumor yang beredar, sayangnya hingga saat ini belum ada bocoran foto dari MPV medium terlaris tersebut.
ADVERTISEMENT
Menariknya, melansir dari Indianautosblog, salah seorang ahli olah foto digital, Shoeb Kalania, mencoba menebak tampilan dari Kijang Innova terbaru itu dan mewujudkannya dalam sebuah foto olah digital.
Pada tampilan depannya, Kijang Innova terbaru ini mengadopsi wajah yang sama seperti Sienna terbaru. Terlihat dari bentuk lampu depannya yang lebih ramping dan sudah mengadopsi LED DRL berpadu dengan desain grille khas mobil-mobil Toyota sangat ini.
Kap mesinnya pun dibuat lebih menyudut ke bagian tengah, dengan lekukan yang lebih halus dan menurun ke bagian depan. Berbeda dari pendahulunya, yang punya lekukan kap mesin patah-patah dan tegak.
Pada bagian bumper bawahnya tersemat desain lampu kabut berbentuk persegi dengan ukuran yang sangat kecil. Sementara pada bagian sampingnya, nampaknya masih menampilkan lekuk desain yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya, perubahan hanya terdapat pada desain velgnya yang menampilkan palang 5 model dual palang.
Menerka Toyota Kijang Innova Terbaru, Apakah Seperti Ini Wujudnya? (592317)
Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sayangnya, pada foto olah digital ini, tidak menampilkan desain dari bagian belakangnya. Diprediksikan, Kijang Innova terbaru ini akan memiliki bentuk lampu dan bumper belakang baru yang lebih segar.
ADVERTISEMENT
Beberapa fitur baru juga diperkirakan akan tersemat di mobil ini, mulai dari bukaan bagasi dengan sensor gerakan kaki, wireless charging, kamera parkir 360 derajat, adaptive cruise control, hingga fitur keselamatan Toyota Safety Sense.
Sistem infotainment pun diharapkan mendapatkan penyegaran, terutama pada desain head unit layar sentuhnya yang sudah dilengkapi fitur-fitur kekinian.
Menerka Toyota Kijang Innova Terbaru, Apakah Seperti Ini Wujudnya? (592318)
Interior Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Menyoal mesinnya, memang belum ada informasi pasti, apakah Toyota akan tetap mempertahankan mesin lama atau menghadirkan pilihan mesin baru, termasuk salah satunya kemungkinan Innova bertenaga hybrid.
Adapun, Kijang Innova yang dipasarkan saat ini, tersedia dalam 2 pilihan mesin, yakni bensin 2.0 liter dan diesel 2.4 liter. Pada mesin bensinnya menjanjikan tenaga 137 dk dan torsi 183 Nm. Sementara pada mesin dieselnya, menawarkan tenaga 147 dk dan torsi 342 Nm.
ADVERTISEMENT
Kedua mesin itu dipadukan dengan 2 pilihan sistem transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatik 6 percepatan.
Menerka Toyota Kijang Innova Terbaru, Apakah Seperti Ini Wujudnya? (592319)
Model tuas transmisi Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Teka-teki waktu peluncurannya

Walau telah banyak rumor yang menyatakan Innova terbaru akan meluncur di tahun ini, sayangnya belum ada satu pun bocoran terkait jadwal peluncurannya. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga masih tutup mulut terkait kepastian tersebut.
"Sama seperti sebelumnya (Fortuner dan Hilux facelift), soal mobil baru saya belum bisa berkomentar dulu," ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM.
Menerka Toyota Kijang Innova Terbaru, Apakah Seperti Ini Wujudnya? (592320)
Toyota Kijang (Innova) generasi keenam Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Begitupun saat kumparan mencoba mencari bocoran informasi dari para tenaga penjual. Mereka belum bisa memastikan kapan jadwal pasti kehadiran Innova terbaru ini.
Katanya sih iya begitu mau ada yang baru, tapi kapan pastinya belum ada informasi. Mungkin sih tahun ini," ujar salah satu tenaga penjual Toyota di kawasan Bekasi yang enggan disebutkan namanya.
Dari berbagai teka-teki dan rumor yang ada saat ini, lantas akankah Toyota Kijang Innova benar meluncur di tahun ini? atau justru harus tertunda di tahun depan? Menarik untuk ditunggu.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.