kumparan
Otomotif23 Februari 2020 10:00

Mitsubishi Xpander 2020 Minor Change Meluncur, Ini Respons Komunitas

Konten Redaksi kumparan
Mitsubishi Xpander 2020
Mitsubishi Xpander 2020 Foto: dok. MMKSI
Mitsubishi Xpander facelift 2020 menuai komentar beragam dari anggota komunitas. Meski umumnya mereka mengapresiasi, tapi tak sedikit ada yang menyayangkan langkah yang dilakukan pabrikan.
ADVERTISEMENT
Sebabnya rombakan pada Xpander facelift ini terbilang minim. Kebanyakan hanya menyegarkan tampilan lewat kosmetika, ketimbang penambahan fitur yang fungsional.
Eks Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Sonny Eka Putra, menjelaskan seharusnya ada tambahan fitur yang membuat Xpander bisa mempertahankan kualitasnya.
"Karena dari awal Xpander boleh dibilang pionir, ada cruise control, Hill Start Assist, tombol start/stop, itu yang enggak dimiliki kompetitor saat itu," ujarnya saat dihubungi kumparan, Sabtu (22/2).
Peluncuran Mitsubishi Xpander 2020
Peluncuran Mitsubishi Xpander 2020 Foto: dok. MMKSI
Menurutnya daripada menyematkan defogger hingga antena sirip hiu, lebih baik menambah fitur lain yang tepat guna, seperti indikator tekanan angin ban, AC digital, hingga head unit dengan navigasi.
"Bagi saya pribadi kaca belakang sudah ada wiper, enggak perlu lagi defogger. Sama head unit mendingan yang bisa menampilkan navigasi dari smartphone," ujarnya lagi.
ADVERTISEMENT
"Kalau mau jujur minor change ini buat pribadi kurang signifikan," tambahnya.
Nada serupa juga disampaikan Muhammad Ibal, anggota X-MOC chapter Seragon (Serang-Cilegon). Katanya Xpander butuh penyegaran yang lebih banyak lagi biar tetap kompetitif.
"Versi facelift mobil selalu lebih bagus, tapi juga enggak banyak perubahan selain velg sama grille yang mencolok. Shark fin gue beli di e-commerce murah," katanya saat dihubungi terpisah.
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Bagi Iqbal, bila Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen pemegang merek fokus pada rombakan eksterior, maka seharusnya bisa lebih berani meracik tampilannya, bukan sekadar sharing komponen dengan varian lain.
"Itu sayang banget sih facelift seperti itu saja, grille enggak signifikan berubahnya. Sama pakai body kit yang kece harusnya, jadi lebih sangar gitu, tapi ya beda Rp 2 juta memang begitu dapatnya," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Mitsubishi Xpander minor change 2020 meluncur Jumat (21/2) malam di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.
Khusus tiga tipe teratas, mendapatkan ubahan berupa lampu utama LED, grille mirip Xpander Cross, defogger kaca belakang, antena shark fin, dan velg berdesain baru.
Pada bagian dalam ada corak jok baru beserta aksen kosmetika di dashboard. Selebihnya untuk seluruh varian Mitsubishi Xpander 2020 mendapatkan sensor parkir dan klakson yang bunyinya lebih nyaring.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan