Otomotif
·
10 Agustus 2020 8:04

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38953)
Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Toyota Corolla Cross resmi mengaspal di Indonesia pada Kamis (7/8). Ini bakal meramaikan persaingan di segmen SUV kompak 5-penumpang di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sebelum hadirnya Corolla Cross, segmen ini sudah banyak penghuninya. Tercatat ada 6 pemain, seperti Honda HR-V 1.8 liter, Mitsubishi Eclipse Cross, Mazda CX-30, KIA Seltos, Hyundai Tucson, dan DFSK Glory 580 1.8.
Datang di situasi persaingan yang sudah sangat padat, apalagi di tengah kondisi sulit pandemi, jadi tantangan sendiri buat Corolla Cross.

Peta persaingan SUV Kompak

Adapun, bila melihat data penjualan wholesales Gaikindo, Honda HR-V 1.8 liter masih jadi pemimpin di segmen ini. SUV 5 penumpang itu pada semester 1 2020 lalu mampu menorehkan angka penjualan 548 unit. Diikuti di posisi kedua oleh KIA Seltos dengan 245 unit dan Mazda CX-30 di posisi 3 dengan 150 unit.
Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38954)
Penjualan SUV Kompak Semester 1 2020. Foto: dok. kumparan
Sementara bila dibandingkan pada raihan 2019 lalu, Honda HR-V 1.8 liter tetap masih jadi pemimpin dengan torehan 1.754 unit. Hanya saja, dikarenakan pada 2019 lalu belum ada KIA Seltos dan Mazda CX-30, maka posisi kedua dan ketiga di segmen ini diisi oleh Mitsubishi Eclipse Cross dengan 514 unit dan DFSK Glory 580 dengan 240 unit.
Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38955)
Penjualan SUV Kompak 2019. Foto: dok. kumparan
Jika melihat raihan di dua waktu tersebut, eksistensi Honda HR-V memang sulit terpatahkan. Apalagi jika melihat perbedaan angka dengan posisi kedua yang terpaut cukup jauh.
ADVERTISEMENT
Meski kompetisi cukup ketat, dengan dominasi pemain-pemain kuat, nampaknya Corolla Cross tak perlu gentar. Pasalnya dengan bekal yang dimiliki, bisa mempermulus jalan sukses di pasar dalam negeri. Berikut ulasan kumparan.

Brand image merek Toyota

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38956)
Logo Toyota Foto: dok. Istimewa
Modal pertama yang sudah pasti menjadi andalan Corolla Cross tentu adalah nama besar Toyota. Sebagai pabrikan besar, eksistensi Toyota di Indonesia tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.
Selain alasan layanan purnajual yang tersebar di mana-mana, portofolio produk yang lengkap juga menjadi alasan banyak orang yang tak ragu memilih merek ini.

Nama Besar Corolla

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38957)
Toyota Corolla generasi keempat Foto: dok. Istimewa
Selain faktor brand image Toyota, nama besar Corolla juga diharapkan bisa menjadi penunjang kesuksesan mobil ini bersaing di segmen SUV kompak tanah air.
ADVERTISEMENT
Nama Corolla sendiri sejatinya bukanlah satu nama baru. Corolla telah hadir di Indonesia sejak tahun 1970an dalam bentuk sedan. Baru kali ini lah, nama Corolla di Indonesia tidak hanya hadir dalam bentuk sedan saja, namun juga SUV.
Penamaan Corolla nampaknya juga jadi salah satu cara pabrikan dalam mendekatkan produk tersebut ke pasar Indonesia.

Tampilan desain Toyota Corolla Cross

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38958)
Tampilan depan Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Berikutnya dalam hal tampilan, Corolla Cross sebenarnya punya tampilan desain yang tidak terlalu istimewa. Bukan jadi suatu hal yang buruk, hanya saja Toyota nampaknya mencoba bermain aman pada tampilan Corolla Cross ini.
Mudahnya, Corolla Cross ini punya tampilan yang tidak terlalu sporty dan tidak terlalu elegan. Sehingga membuatnya cocok untuk berbagai golongan usia dan jenis kelamin.
ADVERTISEMENT
Dari segi dimensi pun Toyota Corolla Cross berada di posisi tengah-tengah. Artinya, mobil ini punya ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Fitur komplit di Toyota Corolla Cross

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38959)
Interior Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Selanjutnya dalam hal fitur-fitur, Corolla Cross terbilang cukup lengkap namun bukan yang paling lengkap di kelasnya. Ya, pada fitur keselamatan misalnya, Toyota sayangnya tidak membekali Corolla Cross di pasar Indonesia ini dengan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense.
Tentu saja, alasan penekanan harga membuat paket fitur tersebut terpaksa disunat. Lalu dalam hal fitur pemanja, Toyota Corolla Cross ini sayangnya juga hanya dilengkapi dengan moonroof saja di bagian atapnya dan bukan panoramic sunroof seperti para rivalnya.
Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38960)
Moonroof pada Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Namun, Toyota Corolla Cross ini rupanya memiliki salah satu fitur unik yang mungkin masih menjadi satu-satunya di Indonesia. Fitur itu adalah NFC pada head unit, yang berfungsi untuk mengecek saldo kartu uang elektronik.
ADVERTISEMENT
Meski terkesan sepele, fitur itu sebenarnya sangat berguna terutama buat para pemilik mobil yang sering terlupa mengecek saldo kartu uang elektroniknya.

Mesin hybrid pertama di segmennya

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38961)
Mesin Hybrid pada All New Toyota Corolla Altis Foto: Aditya Pratama Niagara
Untuk urusan satu ini, Toyota terbilang sangat berani. Sebab, hingga saat ini Corolla Cross masih jadi satu-satunya pemain di segmen SUV kompak yang punya pilihan mesin hybrid.
Meski bukan suatu hal yang mudah untuk diterima pasar, kehadiran mesin hybrid di Corolla Cross itu setidaknya bisa menjadi jawaban buat masyarakat yang mencari mobil hybrid termurah saat ini.

Mobil hybrid dengan harga termurah di Indonesia

Modal Penting Toyota Corolla Cross Bersaing di Segmen SUV Kompak, Apa Saja? (38962)
Toyota Corolla Cross. Foto: dok. TAM
Menyinggung harganya, Toyota Corolla Cross dibanderol dengan harga Rp 457,8 juta untuk varian bensin 1.8 liter dan 497,8 juta untuk varian bensin hybrid.
ADVERTISEMENT
Bila melihat kedua harga itu, terbilang sangat kompetitif. Karena pada harga varian bensinnya berada di posisi tengah-tengah di antara rival lainnya. Sedangkan pada varian hybrid, kini jadi yang termurah di antara mobil hybrid lainnya yang dijual di Indonesia.
Nah, dengan modal di atas, akankah Toyota Corolla Cross ini mampu menjadi jawara baru di segmen SUV kompak? Atau justru hanya hadir sebagai pelengkap saja? Tentu kita tunggu jawabannya di akhir 2020 nanti.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)