Otomotif
·
11 Oktober 2020 12:25

MotoGP di Indonesia 2021, Bentuk Tim sampai Siapkan Motor dan Sasis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MotoGP di Indonesia 2021, Bentuk Tim sampai Siapkan Motor dan Sasis (453822)
searchPerbesar
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama CEO Dorna Carmelo Ezpeleta (tengah) mencoba motor balap di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP, gelaran balap motor paling bergengsi di Dunia. GP Indonesia rencananya bakal digelar pada seri ke-15, setelah Malaysia dan Thailand.
ADVERTISEMENT
Sirkuit Mandalika Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dipilih menjadi lokasi balapan, yang masih dalam proses pembangunan.
Rencananya, pada September hingga Desember, pengerjaan memasuki pengaspalan sebanyak tiga lapis. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) baru saja gelontorkan Rp 16,9 miliar untuk pembebasan lahan untuk sirkuit.

Tim MotoGP Indonesia

Tak hanya menyediakan fasilitas, akan dibentuk juga Tim MotoGP Indonesia, yang nantinya bertugas mengangkat potensi-potensi bangsa, lewat perhelatan ajang balap dunia di Tanah Air.
MotoGP di Indonesia 2021, Bentuk Tim sampai Siapkan Motor dan Sasis (453823)
searchPerbesar
Tim MotoGP Indonesia dibentuk siapkan pebalap untuk kelas Moto2 dan Moto3. Foto: Istimewa
M. Rapsel Ali Ketua Tim MotoGP Indonesia menyebut, tim ini menyertakan nama-nama pebalap Indonesia, yang berkolaborasi dengan technical support dari negara lain.
"Alhamdulillah, sekarang kita sudah mendapat restu membentuk Tim MotoGP Indonesia dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dan dalam waktu dekat ini kita akan meresmikannya," ujar Anggota Komisi Vl DPR-RI dalam keterangannya.
ADVERTISEMENT

Moto2 dan Moto3

Direktur Komersial Tim MotoGP Indonesia Irawan Suchayono kepada kumparan menyebut, tim balap nantinya akan dicemplungkan di kelas Moto2 dan Moto3.
MotoGP di Indonesia 2021, Bentuk Tim sampai Siapkan Motor dan Sasis (453824)
searchPerbesar
Dimas Ekky ketika memulai balapan. Foto: Instagram @Dimas Ekky Pratama
"Motor yang dipakai belum ditentukan, saat ini baru disetujui oleh Menpora," ujar Irawan kepada kumparan, Minggu (11/10).
Setelah tim MotoGP Indonesia dibentuk begitu juga tim balapnya, selanjutnya kata Irawan, mereka baru akan menentukan motor dan sasis yang akan digunakan nantinya.
MotoGP di Indonesia 2021, Bentuk Tim sampai Siapkan Motor dan Sasis (453825)
searchPerbesar
Triumph Daytona Moto2 765 Foto: dok. Istimewa

Mesin Triumph

Sehubungan dengan regulasi MotoGP saat ini, untuk tim MotoGP Indonesia yang masuk kelas Moto2, dipastikan bakal menggunakan mesin Triumph tiga silinder 765cc.
Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sampai 140 dk pada 14.000 rpm. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai sekitar 295 km/jam sampai 300 km/jam.
Di kelas ini, mesin di tiap tim harus sama dan dipasok oleh satu pabrikan. Sementara sasisnya bisa berbeda-beda, di mana umumnya menggunakan sasis Kalex, NTS dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Menarik untuk menantikan tim Indonesia berlaga di MotoGP.
MotoGP di Indonesia 2021, Bentuk Tim sampai Siapkan Motor dan Sasis (453826)
searchPerbesar
Triumph Daytona Moto2 765 Foto: dok. Istimewa