kumparan
4 Sep 2018 10:16 WIB

Motor Listrik Harley-Davidson Siap Masuk Dapur Produksi

Motor Listrik Harley-Davidson LiveWire (Foto: dok. Harley Davidson)
Harley-Davidson dalam beberapa tahun terakhir telah mengumumkan niatnya untuk mulai mencoba memproduksi sepeda motor listrik. Tahun 2014 kita diperkenalkan dengan Project LiveWire, sepeda motor listrik konsep mereka.
ADVERTISEMENT
Bertepatan dengan perayaan hari jadinya yang ke 115, pabrikan asal Amerika Serikat ini pum memamerkan Harley-Davidson LiveWire di kampung halamannya, Milwaukee tepatnya di Harley-Davidson Museum. Produk yang dipajangkan sendiri adalah model kendaraan yang sudah melalui validasi desain alias model yang sudah siap diproduksi.
Dibanding model konsepnya, Harley-Davidson LiveWire yang dipajang ini tampak mengalami evolusi dibanding model konsepnya. Dilihat dari luar, ,motor ini menggunakan rangka trellis baja dan swingarm berbahan aluminium. Selain itu kaliper rem Brembo, suspensi upside-down Showa, dan sebuah monoshoshock terlihat menghiasi motor ini.
Panel instrumennya dilengkapi dengan layar TFT yang dapat terkoneksi dengan gawai via Bluetooth untuk mengakses telepon, pemutar audio, navigasi, dan bahkan untuk memantau kondisi speda motor.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk tempat pengisian dayanya terletak di tempat tanki depan layaknya sepeda motor berbahan bakar bensin. Listriknya sendiri nantinya akan dapat diisi dari sumber listrik dari rumah. Sayangnya belum ada spesifikasi mengenai detail permesinan motor ini, namun mengingat ini adalah motor Harley-Davidson seharusnya kita dapat berharap lebih.
uo4huwbo3ouqfqskf9rpt9t3ee3vncg1b5qrfszvczfwp6hqovppvdompzyequtcsljhhq1cypdtkmf6
Bahkan dalam panel diskusi, Wakil Presiden Harley Davidson Museum, Bill Davidson, mengutarakan kalau LiveWire akan membawa DNA mereka dan berpenampilan, berusara, dan terasa sama dengan produk Harley lainnya.
"Tunggu sampai Anda mengendarainya, Ini sangat terasa layaknya sebuah Harley Davidson," ujarnya dikutip dari RideApart.
Harley-Davidson LiveWire adalah hasil densain dari Pusat Pengembangan Produk di Wisconsin dan akan diproduksi di fassilitas ptoduksi York, Pennsylvania, Amerika serikat mulai tahuh depan. LiveWire sendiri akan menjadi model 'pembuka jalan' bagi dua model motor listrik lain yang sedang dipersiapkan pabrikan yang terkenal dengan moge ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan