Otomotif
·
22 Januari 2020 19:47

Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun (128687)
Honda CR-V genap berusia 20 tahun eksis di Indonesia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Eksistensi Honda CR-V di Indonesia genap 20 tahun di 2020 ini, sejak pertama kalinya mengaspal pada 2000 silam. Dan sepanjang 2 dekade itu sudah ada 5 generasi meluncur.
ADVERTISEMENT
Total penjualannya sepanjang hidupnya di industri otomotif dalam negeri, mencapai angka 213.241 unit. Artinya setiap tahunnya, CR-V bisa terjual 10.000-an unit.
Honda Indonesia mengklaim CR-V mencatatkan diri sebagai model SUV dengan periode penjualan paling panjang, dan angka penjualan total paling tinggi di Indonesia.
“Saya sendiri menjadi saksi sekaligus pencetus kelahiran Honda CR-V pada 2000 lalu waktu masih di pabrik. Ini juga merupakan produk kelas dunia yang istimewa bagi kami, dan juga mempunyai sejarah panjang dan konsumen loyal di sini,” ujar Yusak Billy, Bussiness Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Rabu (22/1)

Generasi pertama

Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun (128688)
Honda CR-V generasi pertama. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Honda CR-V perdana meluncur secara global pada 1995, dan masuk ke Indonesia lima tahun kemudian atau di 2000. Kala itu, CR-V hanya dibekali satu varian mesin 2.0L dengan percepatan AT dan manual.
ADVERTISEMENT
Nah pada model ini, tampilannya masih kuat kesan sporty khas mobil adventure. Pada bagian buritannya juga masih berkonde, atau ban serep yang dipasang di pintu belakang.
Bentuknya yang khas membuatnya mudah dikenali tanpa harus melihat logo, dan emblem yang menempel di tubuhnya.
“Pada model pertama ini, kita satu satunya yang memiliki konfigurasi kursi 7 seater. Karena pajaknya bisa lebih murah. Juga ada beberapa komponen yang membuat versi Indonesia tampil beda,” tutur Yusak.

Generasi kedua

Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun (128689)
Honda CR-V generasi kedua. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Dua tahun pasca versi pertama meluncur, Honda Indonesia melahirkan, generasi kedua pada tahun 2002. Nah mulai di sini, CR-V sedikit banyak merevisi bahasa desain tubuhnya.
Tampilannya lebih stylish tapi tetap terasa kental aura crossover. Soal jantung pacu masih 2.0L namun dengan kode mesin berbeda, dan mengalami peningkatan dari sisi performa dan utilitas.
ADVERTISEMENT

Generasi ketiga

Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun (128690)
Honda CR-V generasi ketiga. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Pada generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2007, Honda CR-V tampil pertama kalinya dengan transmisi manual 6 percepatan, dan pertama di kelasnya. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Honda CR-V dijual dalam pilihan mesin 2.4L.
Nah pada generasi ini, Honda CR-V memantapkan dirinya dengan konsep pengembangan yang memadukan desain eksterior stylish ala-ala kaum urban. Kemudian mengedepankan kenyamanan berkendara seperti sebuah sedan, dan tak menghilangkan performa sebuah SUV.
Namun memang pada generasi ini, Honda CR-V mencapai masa kejayaannya. Yusak menyebut penjualannya paling banyak di antara generasi yang lain.
"Iya sejauh ini yang paling banyak itu generasi ketiga yang angkanya sekitar 60.000-an unit. Namun angka tersebut bisa saja dibalap sama generasi kelima," tuturnya.
ADVERTISEMENT

Generasi keempat

Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun (128691)
Honda CR-V generasi keempat. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Masuk tahun 2012, dari sisi tampilan sudah lebih elegan dan tampak mewah, dengan bekal jantung mekanis 2.4L i-VTEC. Pada generasi ini fitur berteknologi tinggi sudah mulai disematkan, mulai dari Paddle Shift, Cruise Control, Drive by Wire, Grade Logic Control dan Shift Hold Control.
Beberapa teknologi untuk kenyamanan juga hadir, seperti Smart Key, One Push Ignition System, ECON Mode dan Eco Assist. Untuk pertama kalinya, generasi ke-4 Honda CR-V punya NanoeTM yang berfungsi untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Generasi kelima

Napak Tilas 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia Sepanjang 20 Tahun (128692)
Honda CR-V generasi kelima. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Nah yang terakhir ini, eksteriornya mendapat sentuhan desain baru yang lagi-lagi elegan dan mewah. All New Honda CR-V untuk pertama kalinya juga memperkenalkan mesin mesin revolusioner 1.5 liter VTEC Turbo with Earth Dreams Technology.
ADVERTISEMENT
Meskipun dengan kapasitas yang lebih efisien, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 PS (186,2 dk) @ 5600 rpm dan torsi 24.8 Nm @ 2.000-5.000rpm.
Honda CR-V baru ini tersemat CVT Earth Dreams Technology, Drive by Wire, serta beberapa fitur yang mendukung efisiensi bahan bakar, seperti ECO AssistTM dan ECON Mode. Mesinnya juga sudah memenuhi standar emisi EURO 4 compliance dan telah memenuhi uji EURO 2 dari pemerintah Indonesia.