kumparan
search-gray
Otomotif27 Juli 2020 18:20

New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit

Konten Redaksi kumparan
New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39008)
Fender MINI JCW GP tertera serial number unit. Foto: MINI Indonesia
MINI Indonesia kembali memperkuat lini produknya dengan meluncurkan generasi ketiga MINI John Cooper Works (JCW) GP. Dilepas off the road Rp 1,5 miliar, hatchback paling buas ini hanya tersedia 12 unit saja untuk pasar Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Hari ini MINI Indonesia menghadirkan model sport car paling buas dari brand Inggris ikonik ini. Lebih spesialnya kendaraan tersebut memiliki legalitas untuk digunakan di jalan raya dan dikembangkan dari varian MINI 3 doors model paling laris di Indonesia." kata Jodie O'Tania, Director of Communications BMW Group Indonesia saat peluncuran secara virtual, Senin (27/4).
Kehadiran varian JCW GP tersebut dipastikan akan membuatnya menjadi mobil hatchback paling bertenaga yang pernah ada, khususnya di Tanah Air.
New MINI JCW GP hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit saja. Nah, menariknya, Indonesia menjadi negara di Asia yang mendapat alokasi paling banyak yakni 12 unit.

Tampilan eksterior yang gahar

New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39009)
Tampilan depan MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Sebagai tipe paling tertinggi dan terbuas di antara model MINI yang lainnya, JCW GP memang hadir dengan sentuhan 'kecepatan' yang kental.
ADVERTISEMENT
Bagian grille-nya memanjang ke depan dengan beberapa highlight sentuhan grafis warna merah, seperti pada bagian lubang udara atas dan bawah.
New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39010)
Tampilan samping MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Dari samping, kesan sporty-nya muncul berkat penggunaan velg berdiameter 18 inci dan diklaim beratnya tak sampai 9 kilogram. Kemudian pada fender ban berbahan serat karbon disematkan serial number dari mobil tersebut, semakin menyisipkan kesan eksklusivitas.
New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39011)
Tampilan belakang MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Mundur ke belakang, tampilannya makin gagah berkat penyematan spoiler berdimensi besar dengan emboss tulisan 'GP' pada sisi sampingnya dan kelir warna merah pada bagian dalam spoiler.
Secara total bodi dari JCW GP lebih rendah 10 mm dibandingkan dengan JCW model lainnya. Ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan dan stabilitas ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tampilan interior yang sporty

New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39012)
Tampilan kokpit MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Untuk menunjang pengendaranya, sudah disematkan dua kursi model bucket seat bernuansa mobil sport. Tak cuma diluar, serial number yang dicetak secara 3D juga disematkan pada bagian dashboard.
ADVERTISEMENT
Nah, biasanya mobil sport dengan konfigurasi 2 pintu tetap menyediakan kursi untuk penumpang belakang, di JCW GP ini dihilangkan dan diganti dengan protection bar (roll cage) berkelir merah.
New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39013)
Tampilan dalam interior MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
New MINI JCW GP hadir dengan standar kontrol AC otomatis dan 8.8 inci MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Agar pengendara tetap nyaman disediakan pula layar instrumen digital 5,5 inci di depan setir kemudinya.

Dapur pacu yang buas

Di balik kapnya bersemayam mesin TwinPower Turbo empat silinder berkapasitas 2.0 liter. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga hingga 301 dk dengan torsi 450 Nm.
New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39014)
Layout mesin MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Tenaga yang buas tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatik Steptronic 8-percepatan. Dengan perpaduan tersebut, mobil ini mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik. Sementara untuk kecepatan maksimumnya, MINI JCW GP mampu mencatatkan 265 km/jam.
ADVERTISEMENT
Nah, buat mengimbangi output mesinnya yang gahar. Pengereman dikawal kaliper cakram 4 piston di bagian depan dan kaliper tunggal pada bagian belakang.

Fitur

New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39015)
Tampilan paddle shift MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Berikut beberapa fitur keselamatan yang terdapat pada new MINI JCW GP:
  • Airbags
  • ABS + EBD
  • Cruise Control with Braking Function
  • Cornering Brake Control
  • Dynamic Stability Control
  • Rear View Camera
  • Park Distance Control
  • dan yang lainnya

Sudah terjual 6 unit

New MINI JCW GP Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1,5 M dan Cuma Ada 12 Unit (39016)
Tampilan spoiler MINI JCW GP. Foto: MINI Indonesia
Dari informasi MINI Indonesia, JCW GP sudah dibeli 6 konsumen di Indonesia dan akan segera dilakukan proses pengiriman unit.
"Yang bisa kita dibilang dari stok yang ada (12 unit), setengah atau 50 persen sudah sold out terjual, terang Jodie lagi.
New Mini JCW GP generasi ketiga ini hanya disediakan dalam satu opsi warna saja, yakni Racing Grey Metallic. Nah buat pemanis, selain warna merah tadi juga disematkan warna piano black pada logo mobil, pegangan pintu, grille depan, dan kap bensin.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white