kumparan
search-gray
Otomotif30 Mei 2020 13:08

New Normal, Kebiasaan Berkendara Motor Jadi Sedikit Berbeda

Konten Redaksi kumparan
Otomotif, OTOHITZ, OTOHITZ VI, Oto Ride, Peugeot Django
Posisi berkendara dari depan di jalan raya. Foto: Bangkit Jaya Putra
Indonesia tengah bersiap menghadapi masa new normal, setelah pemberlakukan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) guna menyiasati hidup di tengah pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Termasuk saat beraktivitas berkendara motor. Butuh penyesuaian agar memutus penyebaran virus corona.
PSBB di Surabaya
Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga yang akan masuk ke Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/4). Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada sedikit perbedaan gaya berkendara motor dibanding kondisi normal sebelum adanya pandemi.
"Ya yang pasti hindari daerah-daerah padat, hindari kerumunan orang yang suka merokok dan buang ludah sembarangan," buka Sony saat dihubungi, Jumat (29/5).
Pemeriksaan suhu pengendara di Surabaya
Pemeriksaan suhu pengendara pada 19 pintu masuk Kota Surabaya. Foto: Dok. Istimewa
Selebihnya bisa ikuti ketentuan berkendara motor saat PSBB. "Selalu pakai masker, helm fullface, dan sarung tangan jangan sampai lupa itu," lanjut Sony.
Terpisah, Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Edy Nursalam mengatakan sedang menggodok aturan baru berkenaan dengan sistem transportasi selama new normal.
"Sebenarnya sudah ada pada Permenkes Nomor 9/2020 tentang pedoman PSBB, tapi lebih spesifikanya akan dibuat juga," katanya.
Pengendara motor, mudik
Sejumlah kendaraan memadati jalan menuju titik pemeriksaan pemudik di perbatasan Karawang-Bekasi, Jawa Barat, Jumat (22/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Selebihnya dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 yang berisi panduan pencegahan dan pengendalian COVID-19, sebelum memulai perjalanan baik dari atau ke tempat kerja, upayakan bawa helm sendiri jika berboncengan atau menggunakan jasa ojek.
PSBB di Depok
Petugas kepolisian memeriksa pengendara motor yang berpenumpang saat penerapan PSBB di perbatasan Jakarta - Depok, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4). Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Tak lupa selalu jaga jarak minimal satu meter, membawa handsanitizer, sampai hindari menyentuh wajah dengan tangan.
ADVERTISEMENT
Ketika sampai di rumah, ingat pula untuk selalu:
  • Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri
  • Cuci pakaian dan masker dengan deterjen
  • Untuk masker sekali pakai, sebelum dibuang sobek dan basahi dengan desinfektan supaya tidak mencemari petugas pengelola sampah
  • Jika dirasa perlu bersihkan handphone, kacamata, dan tas dengan desinfektan
Ilustrasi memakai hand sanitizer
Ilustrasi memakai hand sanitizer. Foto: Shutter Stock
Tambah Sony, sempurnakan pola hidup bersih dan sehat pada masa new normal dengan rutin membersihkan motor sehabis digunakan. "Supaya motor tetap bersih dan tidak ada virus kuman yang menempel di kendaraan," pungkasnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white