kumparan
search-gray
Otomotif3 April 2018 11:49

New Toyota Vios: Sedan Rasa Yaris

Konten Redaksi kumparan
New Toyota Vios: Sedan Rasa Yaris  (62979)
New Toyota Vios (Foto: dok. PT TAM)
New Toyota Vios akhirnya menjadi produk keempat yang meluncur ke Indonesia tahun 2018 ini. Sedan kompak ini sengaja dilepas untuk memanfaatkan penurunan pajak sedan yang tengah digodok pemerintah melalui Kementerian Keuangan.
ADVERTISEMENT
Toyota Vios yang menggunakan basis yang sama dengan Yaris. Otomatis, fitur dan spesifikasinya pun mirip dengan new Toyota Yaris yang meluncur beberapa waktu lalu.
Secara dimensi, new Toyota Vios dibuat 15 mm lebih panjang. Kemudian lebar dan tingginya juga meningkat masing-masing 30 mm dan 25 mm. Sementara jarak sumbu roda tak mengalami perubahan.
New Toyota Vios: Sedan Rasa Yaris  (62980)
Perbandingan Dimensi Toyota Vios (Foto: Istimewa)
Mirip new Toyota Yaris
Kalo kita bicara desain, bentuk muka new Toyota Vios ini sama seperti Yaris. Dia punya bumper kisi-kisi besar berbentuk trapesium terbalik di depan. Ada daytime running light (DRL) yang diposisikan di situ. Kemudian, dia juga punya lampu kabut dengan cover berwarna hitam berbentu tetesan air.
Di sisi samping, terdapat garis-garis pada panel body untuk memberikan kesan agresif. Pada tipe G, dia menggunakan velg dua-tone berdiameter 16 inci.
ADVERTISEMENT
Selain wujud depan, Toyota juga merevisi tampilan belakang new Vios. Mereka coba membangun nuansa elegan yang tertuang pada bentuk lampu dan pintu bagasi belakang.
New Toyota Vios: Sedan Rasa Yaris  (62981)
New Toyota Yaris (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Masuk ke dalam, new Toyota Vios menggunakan nuansa krem berkombinasi warna hitam pada dashboard dan aksen silver pada tuas pintu, transmisi, kisi AC, konsol tengah, dan setir. Secara umum tampilannya sama seperti Yaris; auto AC dengan layar digital, dan punya modus sport/eco serta paddle shift pada tipe G-CVT.
Lagi-lagi, sama seperti new Yaris, new Vios untuk tipe G mendapat head unit 7 inci dengan resolusi HD yang bisa mendukung DVD, Radio FM/AM, USB, Aux, HDMI, Bluetooth (audio dan phone), iPod Read dan Miracast. Sistem hiburan ini juga bisa mendukung Weblink, Multitasking Window, dan Remote Apps lewat gawai kamu.
ADVERTISEMENT
Fitur Keselamatan
Yang tak kalah penting tentu saja soal fitur keselamatannya. New Toyota Vios kini memiliki tujuh buah airbags; yaitu SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), dan SRS Knee Airbags. Mobil pun memiliki fitur Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Yang tak ketinggalan terdapat sabuk pengaman tiga titik pada seluruh kursi.
New Toyota Vios: Sedan Rasa Yaris  (62982)
New Toyota Vios (Foto: dok. PT TAM)
“Hadirnya fitur keselamatan yang semakin lengkap pada new Vios ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menjadikan keselamatan sebagai salah satu fokus utama Toyota, dengan tetap memperhatikan kenyamanan berkendara” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
Mesin Sama
Di jantung mekanis, tak ada ubahan dan masih mempertahankan mesin lama tapi dengan penyesuaian. New Toyota Vios menggunakan 2NR-FE --sama seperti new Yaris-- dengan teknologi dual VVT-i. Mesin berkapasitas 1.500 cc yang memiliki power maksimum 105 daya kuda (dk) dan torsi 140 Nm.
ADVERTISEMENT
Tipe TRD Sportivo Hilang dan Harga
Adapun, new Toyota Vos dipasarkan dalam empat varian; Vios G dan E yang masing-masing tersedia pilihan transmisi M/T dan CVT. Mobil punya enam pilihan warna; Silver Metallic, Attitude Black Mica, Dark Grey Metallic, Red Mica Metallic, Quartz Brown dan warna baru Dark Blue Mica Metallic.
New Toyota Vios: Sedan Rasa Yaris  (62983)
New Toyota Vios (Foto: dok. PT TAM)
Soal harga, Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto mengungkap, new Toyota Vios akan dipatok dengan harga Rp 291,1 - 326 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white