kumparan
Otomotif13 Juni 2019 16:02

Nissan Terra Belum Mampu Kejar Pajero Sport dan Fortuner

Konten Redaksi kumparan
Nissan Terra
SUV Nissan Terra yang sedang melakoni uji off-road Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nissan Terra masih belum bertaji bertarung di segmen medium SUV di Indonesia. Hingga saat ini penjualannya masih terbilang kecil, bila dibanding dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.
ADVERTISEMENT
Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Terra Januari-April 2019 hanya 330 unit. Pembagiannya 254 unit buat tipe 4x2 dan 76 unit 4x4.
Kemudian bila melihat perolehannya pada 2018 yang dimulai November, totalnya ada sebanyak 793 unit --772 unit penggerak 4x2, 21 unit 4x4.
Otomotif, Test Drive, nissan Terra, NIssan, off-road,
Nissan Terra ditantang melintasi jalur off-road. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Sementara dua kompetitornya Pajero Sport pada empat bulan pertama 2019 ini, berhasil mencapai total wholesales 6.003 unit. Angka tersebut membawanya duduk di posisi terlaris medium SUV Indonesia.
Lalu Fortuner menempel ketat Pajero di posisi kedua, dengan perolehan 21.459 unit sepanjang Januari-April 2019.
Menanggapi hal tersebut Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia masih belum mau memberikan penilaian, seberapa sukses Terra di Indonesia. Dirinya menganggap Terra masih sangat baru.
Otomotif, Test Drive, nissan Terra, NIssan, off-road,
Nissan Terra ditantang melintasi jalur off-road. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
"Apalagi kami masuk di pasar yang sudah dihuni dua kompetitor yang sangat kuat, Fortuner dan Pajero dan kami masih pendatang baru, kami adalah 'new kid on the block," ucapnya ketika ditanyakan kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Dirinya juga tak menampik, kalau Nissan Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah (PR) untuk mengangkat Terra. Ini jadi tantangan sendiri buat Nissan, sanggupkah Terra bermain di papan atas medium SUV.
"Meskipun kami sudah melakukan pekerjaan yang fantastis, dengan segala bentuk kegiatan dan promosi, tetap saja kami masih perlu berusaha keras lagi untuk menangkap customer Terra," ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan