Otomotif15 September 2020 10:57

Pahami Pentingnya Bersihkan Mobil Sebelum Diparkir Lama Selama PSBB

Konten Redaksi kumparan
Pahami Pentingnya Bersihkan Mobil Sebelum Diparkir Lama Selama PSBB (667)
Ilustrasi cuci mobil sendiri. Foto: dok. myfirstuk
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat yang kembali diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, memaksa sebagian besar masyarakat Ibukota untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti bekerja atau belajar dari rumah.
ADVERTISEMENT
Begitu juga kendaraan yang biasanya buat mobilitas, harus menganggur dan terparkir untuk jangka waktu yang lama.
Nah untuk itu, dianjurkan buat pemilik mobil untuk lebih dahulu mencuci dan membersihkan seluruh bagian mobilnya, mulai dari eksterior, interior, hingga ruang mesin.
Pada bagian eksterior, bertujuan untuk menjaga cat mobil tersebut kusam atau berjamur, sebelum diparkir lama di garasi.
Pasalnya bila mobil dibiarkan berdebu, nantinya kotoran akan menempel terus. Lalu kalau misalnya sebelumnya habis kehujanan, dan itu bekas air hujannya enggak dibilas pasti bakal nempel dan jadi jamur, baik itu di kaca atau di bodi," ucap Hadi Taruna, pemilik bengkel Engine Block Autoworks di kawasan Bintaro beberapa waktu lalu.
Pahami Pentingnya Bersihkan Mobil Sebelum Diparkir Lama Selama PSBB (668)
Ilustrasi Cuci Mobil Foto: dok. Istimewa
Sementara membersihkan interior, lanjut Hadi, sangatlah penting untuk memastikan tidak ada sampah atau bekas makanan yang tertinggal di dalam mobil.
"Kadang sehabis pakai mobil suka lupa masih ada bekas makanan atau minuman. Jika dibiarkan berpotensi membusuk, belum lagi ketika kabin kotor atau berdebu, bisa lembab dan tak baik untuk sirkulasi udara," tuturnya.
Hadi pun menyarankan, agar para pemilik mobil melakukan vakum pada bagian interior, memastikan tidak ada sampah yang tertinggal, dan membersihkan berbagai debu yang menempel di dasbor atau jok.
Pahami Pentingnya Bersihkan Mobil Sebelum Diparkir Lama Selama PSBB (669)
Ilustrasi mengelap interior mobil. Foto: dok. carbibbles

Membersihkan ruang mesin mobil menghindari tikus bersarang

Sama seperti bagian eksterior dan interior, membersihkan ruang mesin juga sangatlah penting. Selain jadi lebih enak dilihat, ruang mesin yang bersih juga bisa menghindari hewan pengerat seperti tikus bersarang.
ADVERTISEMENT
"Bila ruang mesin kotor, itu bisa saja tikus bersarang. Kalau tikus sudah bersarang yang berbahaya itu kencingnya. Karena kalau dia sudah kencing, itu selain bisa bikin baut-baut berkarat juga berbahaya buat manusia, karena bisa terkena leptospirosis," beber Hadi.
Pahami Pentingnya Bersihkan Mobil Sebelum Diparkir Lama Selama PSBB (670)
Ilustrasi bersihkan ruang mesin mobil. Foto: dok. Istimewa
Selain membersihkan eksterior, interior, dan ruang mesin mobil, Hadi juga menyarankan agar para pemilik mobil tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan di area parkir mobil atau garasi.
Pasalnya saat di sekitar mobil terdapat tempat sampah atau banyak sampah makanan, maka peluang tikus untuk bersarang di kolong atau ruang mesin sangatlah besar.
"Makanya jangan pernah parkir dekat tempat sampah atau yang banyak sampah makanan. Karena kadang tikus itu ketika dia habis mencari makanan di tempat sampah, dia akan nyari ruang yang hangat untuk makan itu, nah itu biasanya ke ruang mesin," ungkap Hadi.
ADVERTISEMENT
Nah, jadi buat Anda yang saat ini harus kembali melakukan bekerja atau belajar dari rumah, jangan lupa untuk membersihkan mobil dan garasinya juga ya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)