kumparan
1 Agustus 2019 17:45

Pajero Sport di Puncak, Wuling Almaz Mengancam Honda CR-V

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pertarungan di medium SUV semakin ketat, pemainnya kian banyak apalagi dengan datangnya mobil-mobil dari daratan Tiongkok seperti Wuling dan DFSK. Saat ini setidaknya sudah ada 16 model yang menghuni segmen tersebut.
ADVERTISEMENT
Mengulik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juni 2019, sang jawaranya yaitu Mitsubishi Pajero Sport dengan total wholesales 10.179 unit. Pabrikan tiga berlian itu sanggup meraup pangsa pasar sampai 34,01 persen.
Perolehan tersebut melampaui hasil yang diperoleh Fortuner, yang hanya berhasil mengumpulkan 8.675 unit. Model besutan Toyota ini kebagian jatah market share 28,99 persen.
otomotif, fortuner, giias 2019, pajero sport, medium SUV
Toyota Fortuner TRD yang disegarkan di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Kalah dari Pajero Sport pada paruh pertama di 2019 ini, tak membuat Toyota tinggal diam. Pada ajang GIIAS 2019 lalu mereka memperkenalkan penyegaran baru Fortuner untuk varian terlaris mereka TRD.
Ada revisi di beberapa sisi pada sektor interior termasuk pelek baru, dan penyematan fitur baru kick sensor untuk membuka bagasi belakang mobil.
ADVERTISEMENT
“Mudah-mudahan dengan adanya model baru ini bisa naik lagi. Ini jadi salah satu strategi kami buat memenuhi pasar di segmen ini. Dengan target per bulan di 1.500-an unit nampaknya cukup menjadi pemimpin pasar,” ucap Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.
Wuling Almaz 7-penumpang dengan fitur WIND
Wuling Almaz 7-penumpang dengan fitur WIND Foto: Ghulam Muhammad/kumparan

Almaz Pepet CR-V

Selain rivalitas Pajero Sport dan Fortuner, yang seru lagi adalah upaya Wuling Almaz untuk menyalip Honda CR-V di posisi ketiga terlaris segmen medium SUV.
Model SUV berdarah China yang baru diluncurkan pada akhir Januari 2019, kini menempati posisi keempat dengan wholesales mencapai 3.319 unit pada semester pertama ini. Angka tersebut hanya berselisih 581 unit dengan CR-V.
Honda CR-V
Honda CR-V Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Duduk di posisi ketiga, Honda Prospect Motor (HPM) memasok sekitar 3.900 unit CR-V ke dilernya pada periode yang sama, di mana berhasil menguasai pasar sampai 13,03 persen. Sementara Almaz baru 11,09 persen.
ADVERTISEMENT
Namun bila Almaz konsisten bertumbuh setiap bulannya sampai akhir tahun, bukan tak mungkin bisa menyalip CR-V dan bertengger di posisi kunci tiga besar medium SUV terlaris, di belakang Pajero Sport dan Fortuner.
Sementara terkait performa beberapa model medium SUV lainnya, bisa lihat tabel.
Otomotif, Medium SUV, Pajero SPort, Fortuner, Almaz, CR-V
Wholesales medium SUV Januari-Juni 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan