Otomotif
·
2 Desember 2020 19:57

Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) Ditunda Lagi, Jadi Maret 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) Ditunda Lagi, Jadi Maret 2021 (120299)
Mitsubishi boyong Eclipse Cross, new Triton, dan Pajero Sport Black Edition di GIIAS 2019 Makassar Foto: Istimewa
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, kembali menunda penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW).
ADVERTISEMENT
Ini merupakan penundaan yang kedua. Semula GJAW akan dihelat akhir 2020 di Jakarta Convention Center (JCC). Namun kondisi ibu kota belum kondusif dari pandemi, sehingga dijadwal ulang pada 9 hingga 17 Januari 2021.
Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) Ditunda Lagi, Jadi Maret 2021 (120300)
Booth Daihatsu di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hanya saja hampir penutupan tahun, belum ada tanda-tanda pandemi mereda, sehingga GJAW kembali diundur dan direncanakan digelar pada 6 sampai 14 Maret 2021 di JCC.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menjelaskan, keputusan ini merupakan arahan dari Kementerian Perindustrian, agar waktu penyelenggaraan dapat dimundurkan.
"Gaikindo menyambut positif semangat Kementerian Perindustrian untuk memberikan awal yang baik pada 2021 untuk industri otomotif, dengan menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Rabu (2/12).
Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) Ditunda Lagi, Jadi Maret 2021 (120301)
Mobil Toyota GR Supra di pameran GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang Selatan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Perhelatan pameran otomotif GJAW merupakan inisiatif Gaikindo, setelah penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi 2020 resmi dibatalkan.
ADVERTISEMENT
GJAW dengan lingkup yang lebih kecil, diharapkan tetap mampu meningkatkan penjualan mobil secara masif. Serta, menjadi panggung untuk memperkenalkan produk baru.
"Menjadi keinginan kami agar GJAW menjadi pameran GAIKINDO pertama pada tahun 2021, berjalan aman dan lancar, sehingga dapat memberikan hasil maksimal dalam mendorong penjualan, dan pada akhirnya memberikan kontribusi untuk industri otomotif Indonesia,” imbuh Ketua Penyelenggara, Rizwan Alamsjah.
Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) Ditunda Lagi, Jadi Maret 2021 (120302)
Sales promotion girl (SPG) di arena pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Gelaran yang nantinya menjadi pameran otomotif pertama pada 2021 itu, akan menyuguhkan berbagai program yang direncakan. Tujuannya guna mendongkrak penjualan mobil yang lesu akibat pandemi.
Nantinya pameran bakal menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Termasuk kegiatan yang dilakukan secara digital guna mengurangi interaksi langsung, penyebaran materi promosi berbasis daring, dan penjualan tiket melalui aplikasi khusus.
Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) Ditunda Lagi, Jadi Maret 2021 (120303)
Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Yohannes menambahkan, perhelatan GJAW pada bulan ketiga 2021 dinilai tepat. Perkiraannya upaya penanganan pandemi akan mencapai situasi yang lebih aman dan kondusif.
ADVERTISEMENT
"Hal ini pasti akan memberikan kenyamanan dan kepercayaan lebih bagi pengunjung untuk menghadiri pameran, dan tentunya pada akhirnya membantu peserta untuk mencapai tujuannya," tutup Yohannes.