Otomotif
·
20 November 2020 11:14

Pandemi, Momentum Daihatsu Perkuat Brand Awareness

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pandemi, Momentum Daihatsu Perkuat Brand Awareness  (659195)
Daihatsu hadirkan kartun anak Petualangan Didi dan Hatsu. Foto: Daihatsu
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) rupanya memanfaatkan masa pandemi COVID-19 untuk memperkuat citra merek. Buktinya, daripada menambah varian produk tahun ini, jenama satu ini justru melakukan pendekatan lain untuk merangkul calon konsumen.
ADVERTISEMENT
Ya, mereka justru merilis konten hiburan keluarga bertajuk Petualangan Didi dan Hatsu. "Ini merupakan program pertama kami buat sahabat keluarga muda, karena banyak yang stay at home, bekerja, dan belajar dari rumah. Jadi ini menjadi momen yang tepat untuk menonton tontonan yang edukatif dan bernilai positif," kata Promotion Dept Head ADM Hari Wicaksono, Kamis (19/11).
Ada dua karakter utama di animasi ini: Didi seorang anak laki-laki yang senang petualang dan Hatsu perempuan asal Jepang yang keluarganya lama tinggal di Indonesia. Serial ini memiliki 6 episode, yang mana 3 di antaranya telah tayang di saluran Youtube Daihatsu.
Pandemi, Momentum Daihatsu Perkuat Brand Awareness  (659196)
Daihatsu hadirkan kartun anak Petualangan Didi dan Hatsu. Foto: Daihatsu
Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengamini bahwa upaya ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang dan memperkuat merek mereka.
ADVERTISEMENT
"Daihatsu ingin bisa jadi sahabat, baik mereka yang menjadi customer Daihatsu maupun belum, Jadi program ini, sebenarnya lebih ke arah branding," tutur Amelia.
Apalagi, menurut Amelia, branding terbaik itu dimulai dari anak-anak. "Walaupun mereka bukan target market kami, tapi nantinya kami percaya pada waktunya mereka akan besar, mereka akan menjadi pekerja yang punya penghasilan dan memerlukan kendaraan. Dan saat itu mereka akan ingat Daihatsu," imbuhnya.
Pandemi, Momentum Daihatsu Perkuat Brand Awareness  (659197)
Daihatsu Gran Max facelift. Foto: dok. Daihatsu

Penjualan mobil Daihatsu kembali positif

Menyinggung data penjualan mobil, selama Oktober Daihatsu mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 5,6 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sepanjang Januari-Oktober, mereka sudah angka retail sebanyak 8.135 unit.
Adapun, Gran Max Pick Up menjadi kontributor terbesar dengan 2.827 unit ( 34,8 persen), diikuti Sigra 1.782 unit (21,9 persen), dan Ayla 1.013 unit (12,5 persen).
ADVERTISEMENT
“Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan," ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.
Daihatsu sendiri masih mempertahankan posisinya sebagai pabrikan dengan penjualan terbesar nomor 2 secara nasional. Bahkan, perolehan pasar retail mereka naik menjadi 18 persen dari 16,9 persen.
Mengacu data pabrikan, perolehan retail periode Januari-Oktober 2020 mencapai 81.623 unit. Sementara secara wholesales, capaiannya sebesar 77.471 unit.