Otomotif
·
29 Juli 2021 6:59
·
waktu baca 2 menit

Pasar Mobil Bekas Lesu Gara-gara PPKM Darurat dan Level 4

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pasar Mobil Bekas Lesu Gara-gara PPKM Darurat dan Level 4 (94173)
searchPerbesar
Pilihan mobil bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Penerapan PPKM Darurat yang kini telah berganti menjadi PPKM Level 4 dan 3 rupanya berdampak terhadap pasar mobil bekas. Country Head Carsome Indonesia, Delly Nugraha, mengatakan kondisi tersebut memengaruhi aktivitas penjualan dan pembelian.
ADVERTISEMENT
"PPKM Darurat atau PPKM Level 4, sebenarnya dampak di marketnya mengena ke dua-duanya, baik itu yang jual ke pasar mobil bekas atau yang beli. Di Carsome kami memang melihat terjadi penurunan yang cukup signifikan dan situasinya saat ini memang sedang tidak baik-baik saja,” jelas Delly dalam acara Virtual Media Gathering IMX 202 X Carsome Indonesia.
Sayangnya, Delly tidak bisa menyebutkan berapa persen penurunan yang terjadi pada pasar mobil bekas selama PPKM Darurat atau Level 4.
Lebih lanjut, kata Delly, ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap menurunnya penjualan mobil bekas di masa PPKM Darurat atau PPKM Level 4. Faktor pertama yakni adanya kekhawatiran dari sebagian masyarakat terhadap potensi penularan virus COVID-19 yang sempat meningkat selama masa PPKM Darurat lalu.
ADVERTISEMENT
“Beberapa orang atau customer yang cerita ke kami, mereka mengaku masih belum nyaman atau khawatir ketika keluar bertemu dengan orang asing di masa PPKM Darurat kemarin, akhirnya lebih memilih menahan dulu pembelian mobil bekasnya,” beber Delly.
Pasar Mobil Bekas Lesu Gara-gara PPKM Darurat dan Level 4 (94174)
searchPerbesar
Mobil bekas di WTC Mangga Dua Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tak hanya itu, adanya pembatasan mobilitas serta pemberlakuan bekerja dan belajar dari rumah selama PPKM Darurat atau PPKM Level 4, membuat sebagian orang lebih memilih menunda pembelian mobil.
“Selama PPKM, banyak orang yang berpikir kalau mereka belum butuh banget untuk beli mobil. Karena ya itu tadi, mereka masih harus bekerja di rumah, lalu anak-anak mereka juga masih sekolah di rumah, bepergian ke mal atau ke luar kota juga tidak bisa, jadi ya yang tadinya mau beli mobil lebih milih nunda dulu,” beber Delly.
ADVERTISEMENT
Karena itu, Delly pun berharap situasi pandemi COVID-19 yang terjadi di Tanah Air, dapat segera menurun signifikan. Sehingga penerapan PPKM Level 4 dan pembatasan mobilitas pun bisa dicabut, dan kondisi perekonomian bisa kembali pulih.

Ini Mobil Bekas Paling Diminati di Masa PPKM Darurat dan Level 4

Kendati mengalami penurunan penjualan di masa PPKM Darurat dan Level 4, bukan berarti tak ada masyarakat yang melakukan pembelian mobil bekas.
Pasar Mobil Bekas Lesu Gara-gara PPKM Darurat dan Level 4 (94175)
searchPerbesar
Toyota Avanza bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Dari berbagai mobil bekas yang ada di pasaran, mobil berjenis Low MPV dan Compact SUV masih paling diminati.
“Model paling laris itu tetap ya masih model-model seperti Avanza, Xpander, Livina. Sedangkan untuk SUV kalau yang compact itu seperti HR-V, terus kalau yang besar dikit itu ada CR-V lalu juga ada Fortuner. Itu beberapa model yang masih banyak diminati,” kata Delly.
ADVERTISEMENT
***