kumparan
8 Februari 2018 19:13

PCX Baru Produksi Lokal, Modal Honda Hadapi Keluarga Maxi Yamaha

All New Honda PCX 2018
All New Honda PCX 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Honda nampaknya tidak mau berdiam diri melihat pasar skutik premium dikuasai oleh keluarga Maxi Yamaha.
ADVERTISEMENT
Bermodal all new Honda PCX yang sudah diproduksi lokal, PT Astra Honda Motor (AHM) ingin kembali merajai pasar yang mereka pelopori pada tahun 2010 ini.
Langkah awalnya adalah mereka menargetkan untuk dapat menjual 150 ribu unit skutik premium mereka tahun ini.
Angka 150 ribu unit sendiri menurut Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya merujuk pada riset terhadap permintaan pasar terhadap skutik premium secara umum.
"Ya kurang lebih demand-nya 200-300 ribu (unit) setahun. Nah, kita ingin mencoba memberi pilihan, jadi ya sekitar 150 ribu, kurang lebih 50% (pasar)," sebut Thomas.
Jika merujuk data wholesales (distribusi pabrik ke diler) dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), saingan 'sekelas' Honda PCX, Yamaha NMax sendiri mencatatkan angka distribusi sebanyak 361.707 unit sepanjang tahun 2017.
ADVERTISEMENT
Jarak yang cukup jauh tentunya dengan Honda PCX yang 'hanya' mampu mencatatkan penjualan sekitar 4.900 unit seperti yang dipaparkan Direktur Pemasaran AHM Shigeto Kimura. Meski begitu, Kimura satu suara dengan Thomas soal target mereka untuk Honda PCX di tahun 2017.
"Dengan kapasitas produksi sampai 150.000/tahun kami juga berniat menjual sesuai dengan angka produksi tersebut tentunya," sebut Kimura.
All New Honda PCX
All new Honda PCX (Foto: Alfons Yoshio)
Di sisi lain Kimura menolak untuk melihat Yamaha NMAX sebagai saingan.
"Apakah kemudian kami menganggap NMax pesaing kita? Pada dasarnya kami tidak memikirkan hal itu, meski harus diakui bahwa mereka ada di kelas menengah ke atas sama seperti kami. Tapi menurut kami, all new Honda PCX ini hadir sebagai pilihan bagi konsumen untuk bisa mendapat yang terbaik," sebut Kimura.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari persaingan dengan produkan lain, all new Honda PCX pun punya modal yang cukup baik sebenarnya. Di dua bulan pertama setelah perkenalan produk Honda PCX produksi lokal ini--saat motor ini pun belum diproduksi-- sudah ada 12 ribu konsumen yang antre untuk inden skutik premium ini.
Loading Instagram...
All new Honda PCX sendiri bersaing secara langsung dengan Yamaha NMax. Tidak hanya memiliki kemiripan dari dimensi dan spesifikasi, harga Honda PCX produksi lokal ini sekarang ada di kisaran yang terpaut sedikit dengan skutik bongsor kelas 150 cc besutan Yamaha itu. Jika sebelumnya harga Honda PCX yang diimpor dari Vietnam ada pada kisaran Rp 40 juta, kini skutik premium Honda ini diniagakan dengan banderol Rp 27,7 juta untuk tipe dengan CBS (combi brake system) dan Rp 30,7 juta untuk tipe dengan ABS (anti-lock brake system). Sedangkan Yamaha NMax terbaru yang juga menawarkan tipe dengan dan tanpa ABS dijual dengan harga Rp 30,2 juta dan Rp 26,3 juta.
ADVERTISEMENT
Jika melihat perkembangan pasar skutik secara umum bukan tidak mungkin jika nantinya Honda PCX kembali menguasai pasar skutik premium di Indonesia. Meski mungkin hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan