Otomotif
·
8 Januari 2021 15:21

Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik  (1279652)
searchPerbesar
Citroen Mehari dikonversi listrik. Foto: dok. Marius Praktinjo
Melakukan konversi mobil klasik berbahan bakar fosil ke bertenaga listrik, kini memang mulai banyak dilakukan. Salah satunya Citroen e-Mehari milik anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Marius Praktinjo.
ADVERTISEMENT
Mobil klasik yang aslinya bermesin bensin 2-silinder berkapasitas 600 cc itu, sukses disulap menjadi bertenaga listrik pada 2016 lalu. Dengan usianya yang kini hampir 5 tahun, ternyata tak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan.
"Kalau dari kelistrikannya sih enggak ada. Perawatan khusus seperti di mobil bensin misal ganti oli atau busi gitu, di sini juga enggak ada. Pokoknya yang penting arus listrik saja untuk mengisi baterainya," terang Marius.
Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik  (1279653)
searchPerbesar
Citroen Mehari dikonversi listrik. Foto: dok. Pereci
Selain itu, kata Marius, dirinya pun belum pernah mengalami kendala kerusakan yang serius selama pemakaian 5 tahun tersebut. Hanya saja, dalam beberapa waktu terakhir, cell baterai yang digunakannya memang mulai menunjukkan gejala lemah.
"Karena kan ini dulu juga masih coba-coba, jadi ya sekarang sudah agak menurun saja enggak bisa jalan sejauh waktu awal-awal dahulu. Mungkin beberapa cell harus diganti atau lebih aman sih ganti baterai baru yang sudah bagus lagi," tambah Marius.
Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik  (1279654)
searchPerbesar
Citroen Mehari dikonversi listrik. Foto: dok. Marius Praktinjo
Menyoal biaya penggantiannya, Marius memang belum bisa memastikan. Sebab, ada potensi kini harga komponen baterai sudah lebih murah dibandingkan 5 tahun lalu.
ADVERTISEMENT
"Tergantung sih ya, kalau utuh sih dulu itu sekitar Rp 30 juta, kalau setengah saja yang diganti, ya, bisa Rp 15 juta. Kalau 1/3 berarti, ya, Rp 10 juta. Tapi itu dulu, ya," beber Marius.
Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik  (1279655)
searchPerbesar
Citroen Mehari dikonversi listrik. Foto: dok. Marius Praktinjo
Selebihnya, jelas Marius, hampir tak ada komponen yang perlu diganti dari Citroen Mehari listrik miliknya. Dirinya, justru kini tengah merencanakan, beberapa penyempurnaan pada e-Mehari miliknya
"Kebetulan karena ini mobil juga jarang banget dipakai, paling buat ngumpul atau kopdar saja, jadi enggak ada perawatan yang perlu dikhawatirkan. Paling rencana saya ganti controller dan mengatur ulang wiring yang masih berantakan," beber Marius.

Spesifikasi Citroen e-Mehari

Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik  (1279656)
searchPerbesar
Citroen Mehari dikonversi listrik. Foto: dok. Marius Praktinjo
Secara spesifikasi, Citroen Mehari listrik miliknya itu dibekali motor listrik berdaya 5.000 Watt dengan tegangan 72 Volt.
ADVERTISEMENT
Untuk baterainya, mobil ini menggunakan baterai 60 cells lithium ternary prismatic hardcase berkapasitas 120 Ah atau 8,64 kiloWatt. Dalam kondisi terisi penuh, mobil tersebut dapat melaju sejauh 30 hingga 35 kilometer.
Pengalaman 5 Tahun Pakai Citroen Mehari Listrik  (1279657)
searchPerbesar
Citroen Mehari dikonversi listrik. Foto: dok. Marius Praktinjo
Adapun waktu pengisian daya listriknya, dengan penggunaan listrik rumahan berdaya 2.200 Watt, membutuhkan waktu hingga 5 jam untuk terisi penuh.
"Dinamo 5 kW, listrik 2.200 kW saja cukup sih. Katakanlah pakainya 1.000 Watt untuk nge-charge mobil ini, artinya 5 jam cukup untuk full," tutur Marius.
***