Otomotif
·
12 September 2021 17:25
·
waktu baca 2 menit

Pengemudi Catat, Lakukan Ini Agar Mudah Kasih Lewat Mobil Ambulans

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengemudi Catat, Lakukan Ini Agar Mudah Kasih Lewat Mobil Ambulans (917134)
searchPerbesar
Ambulans melintas di dekat penghalang jalan saat mengantar pasien COVID-19 di pinggiran Jakarta, Selasa (13/7). Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
Ambulans merupakan salah satu kendaraan yang diprioritaskan di jalan. Apalagi sedang membawa pasien, pengendara wajib memberikan jalan.
ADVERTISEMENT
Mengacu pada Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setidaknya ada 7 kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan.
Adapun ambulans berada di posisi kedua, setelah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
Namun, hal yang kerap terjadi di jalanan adalah sulitnya kendaraan memberi jalan untuk ambulans pada saat arus lalu lintas yang padat, sehingga ambulans juga tidak bisa lewat.
Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SCDI) Sony Susmana, terganggunya jalur ambulans disebabkan karena kebiasaan buruk pengemudi Indonesia ketika berada di tengah kepadatan lalu lintas.
“Kebiasaan pengemudi di Indonesia ini tidak jaga jarak, sehingga ketika terjebak mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena udah mepet sama mobil depannya,” ujarnya.
Pengemudi Catat, Lakukan Ini Agar Mudah Kasih Lewat Mobil Ambulans (917135)
searchPerbesar
Petugas mengendarai mobil Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menjemput bayi terkonfirmasi negatif yang ibunya terpapar COVID-19 di Jakarta. Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
Ya, pengemudi di Indonesia kerap berdempetan ketika berada di tengah kepadatan, ingin cepat sampai tempat tujuan sebagai salah satu alasannya. Sehingga ketika ada ambulans lewat, pengendara mengalami kesulitan untuk bergerak dan mau tidak mau harus menunggu lalu lintas kembali bergerak.
ADVERTISEMENT
Tentunya ini akan memakan waktu berharga untuk ambulans dan pasien yang dibawanya, terlebih lagi jika pasien tersebut sedang berada dalam kondisi kritis.

Bagaimana Agar Mudah Memberi Jalur?

Lebih lanjut, Sony menambahkan, satu-satunya cara untuk memberikan jalan kepada ambulans dengan mudah, adalah membiasakan jaga jarak ketika berada di tengah kemacetan.
“Ketika dengar suara sirine dan lihat di spion ada (ambulans) di belakang, jika dia jaga jarak, harusnya dia punya ruang untuk menghindar ke kiri atau ke kanan,” tuturnya.
Jadi, biasakan menjaga jarak ya, selain menjamin keselamatan, jaga jarak juga dapat mempermudah pemberian jalan kepada kendaraan darurat yang akan lewat.