Otomotif
·
13 Januari 2021 11:02

Penting, Segera Lakukan Ini Ketika Sadar Mobil Salah Isi BBM

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penting, Segera Lakukan Ini Ketika Sadar Mobil Salah Isi BBM (80951)
Petugas sedang mengisi BBM untuk kendaraan mobil. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sesuai petunjuk teknis pabrikan, mesin mobil tak bisa sembarangan diisi bahan bakar minyak (BBM),dan jangan sampai salah memasukkan.
ADVERTISEMENT
Ya seperti mobil bensin, tak sengaja diisi oleh BBM untuk mesin Diesel seperti solar. Ini tentu membahayakan mesin kendaraan.
Namun apa yang harus dilakukan bila sudah terlanjur memasukkan solar ke tangki mobil mesin bensin?
Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengungkapkan, bila pemilik mobil cepat sadar salah memasukkan BBM, jangan hidupkan mesin.
Karena bila sampai mesin menyala, maka kerusakan yang ditimbulkan pun bisa sangat parah.
"Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel dengan derek towing, biar nanti dikuras semua tangki dan pipa-pipanya sampai bersih di bengkel," terang Didi.
Tak hanya dikuras, komponen ruang bakar mesin pun akan dicek lagi, buat memastikan tak ada cairan BBM solar yang masih berada di area tersebut.
Penting, Segera Lakukan Ini Ketika Sadar Mobil Salah Isi BBM (80952)
Bengkel Auto2000 Meningkat Jelang Lebaran Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Kerusakan fatal

Didi Ahadi menyebut, bila pemilik tak sadar ada kesalahan memasukkan BBM solar ke tangki mesin bensin, dan mobil dihidupkan bahkan dijalankan, efeknya akan parah.
ADVERTISEMENT
"Dampaknya mesin bisa jebol. Karena kalau sampai dihidupkan, bahan bakar sudah masuk ke ruang bakar itu bahaya sekali," jelas Didi kepada kumparan, Selasa (12/1).
Menyoal kerusakan yang ditimbulkan, lanjut Didi, perlu dilakukan diagnosa terlebih dahulu secara menyeluruh. Terutama pada ruang pembakaran dan saluran bahan bakar.
***