Otomotif
·
26 Maret 2021 7:08

Perhatian, Ini 3 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Semarang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perhatian, Ini 3 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Semarang (601348)
searchPerbesar
Suasana Jalan Pandanaran Semarang di hari pertama Gerakan Jateng di Rumah Saja. Foto: kumparan
Tilang elektronik (ETLE) nasional tahap pertama resmi diluncurkan dan diterapkan mulai 23 Maret 2021. Polda Jawa Tengah jadi salah satu wilayah yang ikut ambil bagian pada penerapan tilang elektronik kali ini.
ADVERTISEMENT
Terdapat 27 kamera dengan rincian 21 kamera CCTV dan 6 speedcam yang diterapkan Polda Jawa Tengah pada penerapan tahap pertama ini.
“Hari ini telah diluncurkan ETLE atau tilang Elektronik. Di wilayah Jawa Tengah ada 27 titik. Ke depan kami akan tambah lagi sampai 50 ETLE, semoga semuanya bisa terpenuhi di seluruh 35 kabupaten/kota,” kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, saat peluncuran ETLE Nasional tahap pertama, di Mapolda Jawa Tengah belum lama ini.
Adapun 27 kamera tilang elektronik tersebut, terpasang di 12 Kabupaten dan Kota, di wilayah Jawa Tengah. Khusus kota Semarang mendapatkan 3 kamera yang disebar di 3 lokasi berbeda.
Perhatian, Ini 3 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Semarang (601349)
searchPerbesar
CCTV Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) yang terpasang di Jalan Merdeka Barat, Kamis (16/1). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Berikut 3 lokasi kamera tilang elektronik di Kota Semarang:
ADVERTISEMENT
  • Jalan Brigjen Katamso
  • Jalan Pandanaran depan RS Hermina
  • Depan Kantor Bank BRI
Selain 27 kamera statis, Lutfi juga menambahkan bahwa pihaknya telah memasang 200 kamera ETLE Mobile yang disematkan pada helm dan kendaraan petugas.
“Ini bukan jebakan batman, tapi program yang harus dilakukan,” tambah Lutfi.
Perhatian, Ini 3 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Semarang (601350)
searchPerbesar
Ilustrasi kota lama Semarang Foto: Shutter Stock
Sayangnya, Lutfi tidak menginformasikan wilayah kabupaten dan kota mana saja di Jawa Tengah yang menerapkan ETLE Mobile tersebut. Diterapkannya ETLE statis dan mobile, kata Lutfi, merupakan bagian dari upaya Kepolisian dalam mendisiplinkan masyarakat ketika berkendara di jalan raya.
Dengan begitu, harapannya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pun akan terus menurun.
***