kumparan
11 Desember 2017 13:27

Pertarungan Honda PCX dan Yamaha NMax Segera Dimulai

Honda PCX dan Yamaha NMax (Foto: Istimewa)
Dalam lima tahun belakangan pamor skuter matik premium 150cc mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Dirancang dengan dimensi besar untuk menambah kesan mewah, motor jenis ini laris manis di awal kemunculannya. Dua nama yang selalu identik dengan motor jenis ini adalah Honda PCX dan Yamaha NMax.
ADVERTISEMENT
Hadir terlebih dahulu di tahun 2010 dengan mesin 125cc, dua tahun kemudian Astra Honda Motor (AHM) baru mantap membawa PCX bermesin 150cc ke Indonesia yang dipasarkan sampai saat ini. Tampil dengan bentukan yang tidak umum untuk ukuran skutik yang beredar saat itu, PCX sukses menarik perhatian publik dan bahkan terjual sampai 3.240 unit pada tahun 2014.
Selang tiga tahun kemudian, Honda baru mendapat saingan langsung dalam kelas skutik berbadan bongsor. Tahun 2015, Yamaha mulai memasarkan NMax tepatnya pada Februari.
Yamaha NMax (Foto: Yamaha Indonesia)
Tidak tanggung-tanggung, di satu bulan pertamanya masuk pasar Indonesia, Yamaha NMax langsung mengungguli penjualan Honda PCX secara signifikan.
Berdasar data penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Bulan Februari 2015, Yamaha Nmax terjual sebanyak 1.916 unit. Bandingkan dengan PCX yang berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) hanya mampu menjual 623 unit pada periode waktu yang sama. Padahal PCX sudah malang melintang di pasar skutik lokal selama tiga tahun terakhir.
ADVERTISEMENT
Dari sisi harga, Yamaha NMax memang value for money. Sedangkan Honda PCX yang masih berstatus CBU, sulit mengejar dari sisi harga.
Tapi di penghujung 2017, persaingan kedua motor skutik premium ini nampaknya akan kembali memanas. Setelah Sabtu (9/12) kemarin NMax model 2018 diperkenalkan ke publik, AHM tidak mau ketinggalan dalam beberapa hari ke depan, rencanya mereka akan meluncurkan all new Honda PCX.
Nah, buat kamu yang tertarik menjadikan skutik premium sebagai tunggangan harian di tahun 2018 nanti, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal ini.
Harga
Jika mau sedikit membandingkan kedua skutik bertenaga 150cc ini, faktor harga tentu menjadi perhatian awal. Sejak awal meramaikan pasar skutik di Indonesia (tahun 2012), AHM tidak pernah mematok harga di bawah angka Rp 32 juta untuk satu unit Honda PCX. Bahkan saat ini jika melirik katalog laman resmi AHM, Honda PCX dibanderol dengan harga Rp 40,5 juta On The Road (OTR) Jakarta.
Honda PCX (Foto: Istimewa)
Angka ini memiliki selisih angka yang cukup jauh jika dibandingkan dengan Nmax yang mematok harga di bawah Rp 30 juta.
ADVERTISEMENT
Namun faktor harga sepertinya tidak akan lagi memberatkan Honda. All new Honda PCX yang akan diproduksi lokal diprediksi akan dihargai tidak jauh berbeda dengan NMax model 2018 yang ada di kisaran Rp 26-30 juta. Hmmm, menarik ya?
Desain
Tidak ada perubahan yang signifikan dari desain utama all new Honda PCX maupun Yamaha NMax model 2018. Pada all new Honda PCX kesan futuristik makin diperkuat dengan ubahan pada lampu utama dan belakang yang semakin tajam.
Honda PCX Hybrid (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Untuk dimensi, kedua skutik bongsor ini pun tidak mengalami perubahan sehingga kesan mewah dan modern masih sangat menempel.
Mesin
Bicara soal mesin, faktor ini mungkin akan menjadi pembeda pada dua pabrikan motor ini. Jika Yamaha NMax model 2018 masih mengandalkan mesin Blue Core 155 Cc dengan teknologi VVA, all new Honda PCX disebut-sebut akan menggunakan hybrid dan motor listrik –meski nampaknya mesin bensin tetap akan dipasarkan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Fitur tambahan
Mengacu pada unit terbaru PCX yang diperkenalan di Tokyo Motor Show 2017, panel instrumen pada skutik ini akan mengadopsi layar full digital. Hal serupa juga sudah dapat kita temukan pada Yamaha NMax model 2018 yang tampilanya dibuat inverted.
Yamaha NMax 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Selain itu pada Yamaha NMax model 2018 penambahan penting juga ada pada bagian kenyamanan, desain jok dibuat dua kontur yang berbeda antara pengendara dan pembonceng. Masih dalam rangka meningkatkan kenyamanan, Yamaha NMax kini juga dilengkapi suspensi belakang sub tank.
Yamaha NMax 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Kesimpulan
Sampai saat ini Yamaha NMax memang masih lebih unggul baik dalam performa maupun penjualan, model 2018 yang baru saja diluncurkan tentu membuat Yamaha semakin mantap di sektor skutik bongsor 150 cc.
ADVERTISEMENT
Namun dengan tambahan embel-embel 'all new' tentu Honda PCX menjanjikan peningkatan yang cukup signifikan pada skutik 150 cc ini. Ditambah lagi dengan produksi yang sudah dilakukan di dalam negeri, rasanya Honda PCX siap menggoyang tahta NMax sebagai skutik premium terbaik di Indonesia. Lalu, kemana konsumen akan menentukan pilihan?
Ayo, readers kumparanOTO, pilih Yamaha NMAX model 2018 atau all new Honda PCX?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan