kumparan
9 Okt 2019 19:15 WIB

Pilihan Motor Bekas di Bawah Rp 5 Juta

Bursa motor bekas di Condet, Jakarta Timur. Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Motor bekas bisa jadi solusi bagi mereka yang punya kocek terbatas. Pilihannya pun beragam, ada yang tahun baru atau motor-motor yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 5 juta.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan kumparan di sejumlah penjaja motor bekas di kawasan Condet, Jakarta Timur, produk yang mereka jajakan umumnya memang yang masih berusia muda dan dibanderol di atas Rp 5 jutaan.
Namun, menurut pengelola Mulya Motor, Eri, bagi konsumen yang tengah mencari motor bekas dengan harga tak lebih dari Rp 5 juta ada sejumlah model yang bisa jadi pilihan.
1. Honda Supra X
Honda Supra X yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2001 dapat menjadi salah satu pilihan anda di bursa motor bekas. Generasi pertama dari varian sepeda motor kelas bebek ini juga masih banyak yang lalu lalang di jalanan berbagai daerah di Indonesia.
Bicara harga, Honda Supra X generasi pertama ini dibanderol Rp 3-4 juta. Namun, tahun lansiran sepeda motor jenis ini tidak mempengaruhi harga jualnya di pasar motor bekas.
ADVERTISEMENT
"Supra X ini malah yang (lansiran) 2002 (harganya) Rp 4 jutaan, yang 2004 Rp 3 juta. Karena kondisi motornya (Supra X 2002) lebih mulus," ujar Eri.
2. Honda Karisma
Bursa motor bekas di Condet, Jaktim. Foto: Ainul Qalbi
Motor bekas berikutnya yang dapat menjadi pilihan calon konsumen adalah Honda Karisma. Sepeda motor yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 ini juga sempat menjadi primadona pada masanya.
Alasannya, karena sepeda motor yang menggendong mesin dengan kubikasi 124,9 cc ini memiliki kapasitas yang cukup besar di awal kemunculannya. Kini, Honda Karisma lansiran 2004 dapat Anda peroleh dengan harga Rp 3 juta saja di pasaran.
3. Yamaha Mio
Bursa motor bekas di Condet, Jaktim. Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Yamaha Mio juga dapat menjadi pilihan anda saat akan membeli sepeda motor bekas. Skuter matik yang dapat dikatakan mengawali kejayaan motor matik di Indonesia ini juga dapat menjadi alternatif motor bekas murah.
ADVERTISEMENT
Eri menuturkan, Yamaha Mio lansiran 2005 saja dibanderol dengan harga termurah Rp 2 juta saja. Sementara, untuk Yamaha Mio lansiran 2010 dibanderol Rp 3,5 juta.
"Itu tergantung kondisi (sepeda motor) ya. Kalau kondisinya parah bisa Rp 3 jutaan, kalau mulus bisa Rp 5 juta," jelas Eri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan