Otomotif
·
15 Juli 2020 17:58

Pompa Bahan Bakar Bermasalah, Honda Recall 9 Mobilnya di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pompa Bahan Bakar Bermasalah, Honda Recall 9 Mobilnya di Indonesia (155949)
Logo Honda Foto: REUTERS/Brendan McDermid
PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan program pemanggilan untuk perbaikan (Recall) terhadap 9 produk yang dipasarkan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan rilis yang kumparan terima, pabrikan mengindikasikan adanya potensi kerusakan pada komponen fuel pump atau pompa bahan bakar yang bisa membuat mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti beroperasi secara tiba-tiba.
"Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi," jelas Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager PT HPM dalam rilis yang kumparan terima.
Pompa Bahan Bakar Bermasalah, Honda Recall 9 Mobilnya di Indonesia (155950)
Honda Civic Hatchback RS Foto: Muhammad Ikbal
Adapun model Honda yang terlibat pada recall kali ini, meliputi Brio, Jazz, Mobilio, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord, dengan tahun produksi 2017 hingga 2019.
Secara keseluruhan, jumlah unit yang terlibat pada recall Honda kali ini sebanyak 85.025 unit. Rencananya, proses recall akan dilakukan secara bertahap mulai 15 Juli 2020.
ADVERTISEMENT
Mengingat pentingnya program ini, kami mengimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi, untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," ucap Denny.
Pompa Bahan Bakar Bermasalah, Honda Recall 9 Mobilnya di Indonesia (155951)
Tampilan eksterior Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra

Durasi pengerjaan pergantian komponen recall

Nantinya, seluruh unit Honda yang terdampak recall akan mendapatkan penggantian komponen fuel pump baru dan tidak dipungut biaya apa pun. Proses penggantiannya sendiri, memakan waktu sekitar 60 hingga 90 menit.
Bagi konsumen yang ingin tahu apakah kendaraannya terdampak atau tidak bisa mengunjungi website resmi Honda Indonesia atau melihat informasi di link http://pud.honda-indonesia.com.
Pompa Bahan Bakar Bermasalah, Honda Recall 9 Mobilnya di Indonesia (155952)
Honda BR-V E CVT. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Jika sudah mendapatkan kepastian terdampak atau tidak, selanjutnya konsumen dipersilahkan untuk menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau melakukan booking penggantian melalui aplikasi Honda e-Care.
Selain tidak dipungut biaya, bagi konsumen Honda yang mengikuti program recall dalam kurun waktu Juli hingga September 2020, juga akan mendapatkan gratis oli 1 liter atau 1 botol engine cleaner.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)