Otomotif
·
2 Juli 2020 19:33

Resep Rifat Sungkar Agar Kamu Jago Nyetir Mobil Manual

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Resep Rifat Sungkar Agar Kamu Jago Nyetir Mobil Manual  (43567)
Transmisi manual di Isuzu Panther Foto: Bangkit Jaya Putra
Belajar mengemudikan mobil manual, memang tak semudah mengemudikan mobil matik. Berbeda dengan mobil matik yang hanya tinggal oper transmisi ke posisi D lalu bisa langsung injak pedal gas, pada mobil manual diperlukan keselarasan dalam melepas pedal kopling dan menginjak pedal gas saat hendak akselerasi awal.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang, bagi yang belum mahir sering mengalami engine stall atau mati mesin. Nah, buat Anda yang mungkin juga masih sering mengalami hal seperti itu, tidak ada salahnya menyimak tips dari Duta Keselamatan Berkendara yang juga pereli nasional, Rifat Sungkar, terkait lancar belajar mobil manual.
Dalam kumparan virtual talk episode 5 lalu, Rifat menjelaskan pada tahapan awal, sebaiknya seorang pengemudi pemula yang sedang belajar mobil manual, fokuslah latihan angkat kopling terlebih dahulu.
Kita bicara belajar, ya, latihan angkat kopling saja dulu. Bahkan kaki kanannya, itu kalau bisa di atas rem saja, jadi kalau panik tinggal injak," jelas Rifat.
Resep Rifat Sungkar Agar Kamu Jago Nyetir Mobil Manual  (43568)
Rifat Sungkar. Foto: Instagram @rifato
Selain berguna melatih feeling seorang pengemudi pemula, latihan angkat kopling pada gigi 1, dikatakan Rifat jauh lebih aman dibanding harus terburu-buru menginjak pedal gas. Sebab, bisa saja jika pengemudi pemula terlalu nafsu menginjak pedal gas pada gigi 1, akan membuat mobil menjadi loncat atau overspin.
ADVERTISEMENT
"Gigi 1 itu terlalu agresif, jadi kalau orang pertama kali diajarin disuruh injak gas dan belum paham, yang ada bannya spin, habis itu setirnya ke mana-mana, itu yang berbahaya," ujar Rifat.
Lebih lanjut, kata Rifat, latihan angkat kopling pada mobil manual tersebut sebaiknya terus dilakukan berkali-kali, hingga pengemudi sudah bisa merasakan feeling-nya dan tidak mati-mati.
Menyoal tekniknya, saat posisi mesin mobil stasioner, injaklah pedal kopling dengan kaki kiri, memasukkan tuas transmisi ke gigi 1, lalu angkat kaki kiri pada pedal kopling secara perlahan.
"Angkat koplingnya pelan-pelan, biarin mobil maju dahulu sebentar, injak kopling lagi, berhenti, netralin, injak kopling oper ke 1 lagi, angkat lagi koplingnya," beber Rifat.
Resep Rifat Sungkar Agar Kamu Jago Nyetir Mobil Manual  (43569)
Ilustrasi kaki istirahat pada pedal kopling mobil manual. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Saat melakukan latihan angkat kopling pada mobil manual tersebut, Rifat juga mengingatkan agar pilihlah area yang sepi dan tertutup dari lalu lintas ramai. Pastikan juga selalu mengenakan sabuk keselamatan.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.