Otomotif
·
11 September 2020 18:25

Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini (61730)
Perawatan sepeda motor Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat akan kembali berlaku di Jakarta. Artinya pergerakan masyarakat akan kembali dibatasi, sejumlah kantor pun diwajibkan menerapkan work from home sejak 14 September 2020.
ADVERTISEMENT
Ini seperti kembali saat PSBB diberlakukan pertama kali. Pun apabila hendak berpergian tapi keperluannya tidak mendesak, sebaiknya tunda dulu dan lakukan aktivitas di rumah.
Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini (61731)
Sejumlah kendaraan bermotor memadati Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Hal ini tentunya membuat kendaraan, termasuk motor Anda akan kembali lama diam dan diparkirkan di rumah. Nah beberapa hari sebelum PSBB kembali diterapkan, ada baiknya siapkan dulu beberapa hal ini untuk menunjang kebutuhan motor Anda. Jadi, simak tips motor ala kumparan berikut.

1. Cover motor

Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, bila belum punya, siapkan cover untuk menyelimuti keseluruhan bodi motor.
"Pakai cover, melindungi dari kotoran serta debu misalnya sehabis dicuci dan dibersihkan," ujar Ade saat dihubungi kumparan.
Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini (61732)
Kendaraan roda dua yang ditutupi sarung motor Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

2. Cairan trim restorer

Tak kalah penting siapkan pula cairan trim restorer, yang bisa menghitamkan kembali bodi plastik pada motor yang berwarna hitam. Bisa daerah dek, spakbor, cover knalpot maupun pijakan kaki motor.
ADVERTISEMENT
Ini digunakan manakala Anda punya banyak waktu luang di rumah, semisal mengisi waktu usai bekerja, bisa menghitamkan lagi bodi motor berbahan plastik pakai cairan tadi.
Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini (61733)
Trim restorer Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Di pasaran harganya bervariasi tergantung merek, kebanyakan mulai dari Rp 80 sampai Rp 180 ribuan, yang sudah termasuk busa aplikator dan sarung tangan pemakaian.

3. Cairan engine degreaser

Kemudian, ada baiknya siapkan pula produk cairan engine degreaser. Ini berfungsi manakala Anda berencana mengisi waktu luang saat PSBB, dengan membersihkan atau detailing motor sampai ke celah blok mesin.
Formula yang ada pada cairan tersebut mampu mengikat dan melarutkan kotoran yang membandel pada permukaan blok mesin.
Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini (61734)
Layout mesin Honda CBR250RR SP Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Oh iya untuk harganya juga bervariasi mulai dari Rp 36 ribu untuk kemasan tabung kecil.
ADVERTISEMENT

4. Peralatan cuci motor yang proper

Terakhir, lengkapi peralatan cuci motor Anda, baik sampo yang harus sesuai dengan bodi, lap elastis, dan lap mikrofiber.
Mengapa demikian? Karena ketentuan berkendara selama PSBB salah satunya adalah rutin membersihkan motor usai digunakan, untuk membasmi kemungkinan bakteri dan virus yang menempel di motor.
Sebelum Motor Diparkir Lama Karena PSBB Ketat, Siapkan 4 Hal Ini (61735)
Metode cuci motor touchless dari Grass Indonesia. Foto: dok. Grass Indonesia
Sudah barang tentu, hal itu akan membuat intensitas mencuci motor di rumah akan lebih banyak, demi mematuhi protokol kesehatan.
"Terlebih usai diguyur hujan, karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang menyebabkan kerusakan dan membuat cat luntur permukaan bodi motor, jadi sebaiknya selalu cuci (ketika habis digunakan)," pungkasnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona