Otomotif
·
9 Juni 2021 12:53
·
waktu baca 3 menit

Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129353)
Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Satu lagi sedan mewah nan premium terbaru mendarat di Indonesia, new Audi A5 Sportback. Disebut 'new' karena merupakan model penyempurnaan dari generasi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Secara posisi dan nomenklaturnya, A5 berhadapan langsung dengan Mercedes-Benz E-Class. Tapi untuk model yang terbaru ini dijelaskan Business Development PT Garuda Mataram Motor-Audi Indonesia, Stefan Hutahayan memiliki karakter yang berbeda dari pesaingnya itu
"Kami coba mengisi kekosongan dengan menghadirkan sedan coupe 4-pintu, karena karakter konsumen Audi banyak yang menyukai model coupe, sehingga dibuat dalam bentuk coupe dan sportback, sehingga ini menjadi alternatif sedan kompak di Indonesia," terangnya usai peluncuran new Audi A5 Sportback secara virtual, Rabu (9/6).
Secara varian ada 3 tipe yang ditawarkan. Kemudian harga Audi A5 Sportback disebut Stefan mulai dari Rp 1,248 miliar off the road. Segmentasinya menyasar pebisnis muda yang masih suka mengendarai mobil sendiri. Berikut ini ragam tipenya:
ADVERTISEMENT
  • Audi A5 Sportback 2.0L TFSI
  • Audi A5 Coupe 2.0L TFSI Quattro
  • Audi A5 Sportback 2.0L TFSI Quattro
Audi A5 hanya mengandalkan satu jantung mekanis, 1.984 cc 4-silinder pakai induksi paksa turbo yang disebut TFSI atau Turbo Fuel Stratified Injection. Makanya meski secara kubikasi kecil bisa menjanjikan performa terbaik.
Khusus tipe pertama yang sekaligus berpenggerak depan (FWD) memproduksi tenaga hingga 190 dk pada 4.475 rpm dan torsi maksimal 320 Nm di 1.450 rpm, yang dikawinkan pada transmisi otomatis 7-percepatan dual clutch.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129354)
Layout mesin Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sementara tipe selanjutnya yang berpenggerak 4x4 atau Quattro lebih buas lagi, 245 dk pada 5.250 rpm dengan torsi puncak 370 Nm di 1.600 rpm. Ini karena sistem pendistribusian tenaga dan torsinya didesain mengoptimalkan pada sisi roda yang memiliki traksi kuat.
ADVERTISEMENT

Fitur dan kelengkapan interior Audi A5 Sportback

Lantaran penyematan nama Sportback dan Coupe, maka lekuk desain buritannya dibuat melandai. Artinya kaca belakang sampai penutup bagasinya dibuat menyambung dalam satu panel. Saat dibuka, semua panel belakang akan terbuka.
"Makanya akan langsung tampak bagasi yang luas. Volumenya 465 liter, apabila jok belakangnya dilipat, maka kapasitasnya menjadi 1.285 liter," terang Product Expert Audi Indonesia, Agung Arianto.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129355)
Bagasi Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129356)
Desain liftback Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Bukaan pintu bagasinya terbilang cukup tinggi untuk ukuran orang 170 cm. Tapi itu bukan masalah besar, karena sudah ada power back door, tinggal pencet tombol maka bisa langsung tertutup otomatis.

Audi A5 Sportback jadi teman bisnis sekaligus hangout

Apabila tidak dalam bertugas sebagai kendaraan mobilitas sehari-hari, ya misalnya nongkrong di akhir pekan, sedan ini muat 5-penumpang sekaligus. Tengok saja jok belakangnya punya 3 headrest.
ADVERTISEMENT
Misalnya cuma berempat, sandaran tengah jok belakang bisa sebagai handrest. Ada juga kisi-kisi AC pada konsol boks tengah, biar menambah kenyamanan seluruh penumpangnya.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129357)
Jok belakang Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Lanjut ke depan, joknya bisa diatur ke 8 arah, termasuk lumbar support dan ujung sandaran paha bisa lebih rendah atau tinggi. Makanya akan sangat asyik menyetting posisi duduknya rendah.
Apalagi setir juga bisa diatur secara teleskopik, sehingga bisa lebih sporty posisi duduknya. Tangan juga tidak terlalu lurus, ganti gigi juga bisa lewat paddle shift. "Oleh karena itu duduk di dalam mobil Audi akan selalu nyaman, sporty, dan elegan," tambah Agung.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129358)
Interior dan dashboard Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Layout dashboard tidak dibuat driver oriented memang. Tapi padanan desainnya simpel dan menawan. Pecinta anti neko-neko pasti akan suka. Tuas transmisinya juga dibuat simpel dan berkelas.
ADVERTISEMENT
Head unit layar sentuh berukuran 10,1 incinya juga memberikan informasi lengkap. Semua tentang pengaturan mobil bisa diatur dari sana, termasuk pemilihan mode berkendara, warna lampu ambient, mode pencahayaan, dan lainnya.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129359)
Head unit Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Panel instrumen yang sudah TFT juga bisa menampilkan data informatif. Bagi Anda yang pertama kali melihatnya bisa mudah beradaptasi. Tampilan dan informasinya bisa dipilih melalui tombol pada setir.

Pemiliknya dimanjakan dengan personalisasi sendiri

Tak lupa, Audi A5 Sportback yang dibawa langsung dari Ingostaldt, Jerman ini mengusung kaca frameless. Sehingga tampil makin elegan. Kemudian model bukaan pintunya tampak seperti ditarik seperti mobil umumnya, tapi ternyata lengan ayunnya ke atas.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129360)
Kaca frameless Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Oke secara keseluruhan dijelaskan Agung, Audi A5 Sportback mengusung desain S-Line, yang merepresentasikan tampilan sporty ketimbang elegan. Ini tampak dari desain bumper, penyematan grille honey comb, dan identitas S-Line pada samping mobil.
ADVERTISEMENT
Menariknya setiap pembelian unit, konsumen dibebaskan untuk memilih warna eksterior kemudian interior. Juga opsi optimalisasi fitur, misalnya ada beberapa yang kurang sreg bisa disesuaikan. Hanya saja karena sifatnya kustom, waktu tunggunya sedikit lama.
Sedan Audi A5 Sportback Meluncur, Goda Pebisnis Muda Indonesia (129361)
Audi A5 Sportback. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Audi A5 ini sudah bisa dipesan dan konsumen dapat menciptakan mobil sesuai seleranya, untuk itu pemesanannya inden kira-kira 3 sampai 4 bulan tiba di Jakarta," terang Stefan.