kumparan
21 Mei 2018 16:08

Sewa Mobil untuk Mudik, Enak Pakai Sopir atau Lepas Kunci?

Mobil pemudik mengantri di Pelabuhan Merak
Mobil pemudik mengantri di Pelabuhan Merak (Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulraman)
ADVERTISEMENT
Chief Operating Officer TRAC-Astra Rent a Car, Agus Riyadi, menuturkan permintaan sewa mobil setiap tahunnya meningkat, baik saat momentum liburan sekolah atau menjelang Lebaran.
"Dari tahun ke tahun trennya meningkat, apalagi kalau Lebaran, mayoritas penduduk kita di ibu kota atau kota besar yang punya kampung halaman harus mudik. Animo ke depannya untuk tren Lebaran banyak peminatnya, peningkatan menjelang Lebaran sekitar 20-30 persen dari bulan lainnya," kata Agus.
Enak pakai sopir atau lepas kunci?
Menyewa mobil bisa menggunakan atau tanpa sopir, tergantung layanan yang disediakan tempat penyewaan mobil. Pilihan dengan menggunakan sopir tentunya membuat konsumen lebih dimanjakan tanpa harus menyetir, ketimbang pilihan tanpa supir alias lepas kunci atau self drive. Hanya saja pilihan lepas kunci menawarkan privasi yang lebih untuk liburan keluarga.
ADVERTISEMENT
"Sekarang ini yang menarik itu layanan lepas kunci. Ini enggak bisa semua perusahaan bisa kasih (lepas kunci) kan," katanya.
Selain perbedaan yang telah disebutkan sebelumnya, perbedaaan yang paling mendasar dari kedua layanan tersebut adalah tarif tambahan untuk membayar supir selama mobil disewa. Tarifnya pun beragam mulai dari Rp 150 ribu per hari bergantung mobil yang dipilih.
"Sebetulnya untuk kendaraannya sama, tinggal nambah jasa sopirnya saja," jelas Agus.
Agus menambahkan, pilihan layanan sewa dengan sopir bisa lebih tinggi lagi harganya dengan beberapa paket sewa yang ditawarkan untuk semakin mendongkrak kenyamanan dalam berkendara.
Arus mudik di Tol Cikampek KM 48 macet
Arus mudik di Tol Cikampek KM 48 macet. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
"Kalau pakai driver ada paket yang all in, jadi konsumen tinggal naik mobil saja, bensin, parkir, tol semuanya sudah masuk di harga itu," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Meski tidak menyebut perbandingan harga spesifiknya antara layanan dengan sopir atau lepas kunci, Agus menilai layanan lepas kunci lebih diminati karena harganya yang relatif terjangkau.
"Memang perbedaan cukup lumayan ya, apalagi seperti momen Lebaran ini biasanya kalau mau berhemat biasanya orang lebih senang pilih self drive (lepas kunci)," ujar Agus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan